“bjb

25 November, Memperingati Apa Saja? Ini 4 Momen Pentingnya! 

HALOSMI.COM – Berdasarkan kalender Masehi, tanggal 25 November jatuh pada hari Sabtu, minggu ketiga di tahun 2023. Lantas apa saja yang diperingati di tanggal 25 November ini?

Terdapat beberapa momen penting yang diperingati pada 25 November ini baik dirayakan di Indonesia ataupun di dunia. Tim Halosmi telah merangkumnya untuk anda dan terdapat beberapa momen penting yang terjadi di tanggal 25 November. Ini daftarnya!

 

1. Hari Guru Nasional

Dilansir dari laman resmi Kemendikbudristek, Hari Guru Nasional (HGN) setiap tahunnya diperingati pada tanggal 25 November. Peringatan HGN juga menjadi ruang apresiasi yang diberikan kepada para guru atas semangat belajar, berbagi, dan berkolaborasi dalam merdeka belajar demi terwujudnya pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi peserta didik.

Tema peringatan HGN tahun 2023 adalah “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”.

 

2. Hari Internasional Penghapusan Kekerasan Terhadap Perempuan 

Dilansir dari National Today, Pada tanggal 25 November 1960, saudara perempuan Mirabal dari Republik Dominika dibunuh oleh antek diktator Rafael Trujillo. Kakak beradik tersebut, yang aktif dalam gerakan melawan rezim Trujillo, dipukuli dan dicekik sampai mati, kemudian dimasukkan ke dalam Jeep yang dibawa keluar dari jalan pegunungan agar kematian mereka tampak tidak disengaja. Pada bulan Desember 1999, Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Internasional Penghapusan Kekerasan Terhadap Perempuan. Tanggal tersebut menandai dimulainya 16 hari peringatan dan aktivisme, yang berpuncak pada Hari Hak Asasi Manusia Internasional.

Menurut laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa, 19 persen perempuan berusia antara 15 dan 49 tahun pernah mengalami kekerasan fisik dan/atau seksual “yang dilakukan oleh pasangan intimnya”. Dalam beberapa kasus, kekerasan ini berakhir dengan kematian perempuan.

 

3. Hari Nasional Bosnia dan Herzegovina

Dilansir dari National Today, Hari Nasional Bosnia dan Herzegovina diperingati pada tanggal 25 November setiap tahun kalender. Hari ini juga dikenal sebagai Hari Kenegaraan Bosnia dan Herzegovina dan memperingati hari berdirinya kembali Bosnia dan Herzegovina oleh Dewan Pembebasan Nasional Anti-Fasis Yugoslavia pada tahun 1943.

Resolusi Negara Anti-Fasis Dewan fasis untuk Pembebasan Nasional Bosnia dan Herzegovina (Z.A.V.N.O.B.i.H.) mendeklarasikan keinginan Bosnia dan Herzegovina agar Republik Rakyat Federal Yugoslavia menjadi negara mereka. Bukan milik orang Serbia, Muslim, atau Kroasia, tapi memiliki hak yang sama bagi semua warga negaranya.

 

4. Hari Kemerdekaan Suriname 

Dilansir dari Nationl Today, Hari Kemerdekaan Suriname diperingati setiap tanggal 25 November. Negara ini mungkin salah satu negara terkecil di Amerika Selatan, namun juga salah satu negara yang paling beragam secara etnis. Negara ini juga masih asli, penuh dengan alam, dan merupakan salah satu dari tiga negara yang tidak memiliki karbon di planet ini. Dunia mempunyai banyak pelajaran yang bisa dipetik dari Suriname.

Namun, di jalan setapak itu tidak ada hamparan bunga mawar. Hari Kemerdekaan Suriname merupakan penghormatan kepada negara kecil dengan hati yang luar biasa. Hari untuk memperingati penyembuhan dan kemajuan fenomenal suatu bangsa.

Nah, itulah momen penting yang dirangkum oleh tim Halosmi bagi referensi untuk menambah wawasan anda.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *