26 Agustus Memperingati Apa Saja? Ini 4 Momen Pentingnya

HALOSMI.COM – Berdasarkan kalender Masehi, 26 Agustus jatuh pada hari Kamis minggu keempat di tahun 2023. Lantas apa saja yang dipeeingati di tanggal 26 Agustus ini?

Terdapat beberapa momen-momen penting yang diperingati pada 26 Agustus ini baik dirayakan di Indonesia ataupun di dunia. Tim Halosmi telah merangkumnya untuk anda dan terdapat 4 momen penting yang terjadi di tanggal 26 Agustus. Ini daftarnya!

1. Hari Kesetaraan Perempuan

Dilansir dari National Today, 26 Agustus merupakan Hari Kesetaraan Perempuan. Hak untuk memilih, yang merupakan landasan demokrasi, adalah milik semua warga negara  namun hal ini tidak selalu terjadi. Sampai saat ini, sebagian besar negara tidak memberikan hak pilih kepada separuh penduduknya, yaitu perempuan.

Untuk mendapatkan hak suaranya, perempuan mulai melakukan agitasi untuk mendapatkan hak memilih pada awal abad ke-19. Di AS, keputusan mengenai siapa yang berhak memilih diserahkan kepada negara bagian. Amandemen ke-19, yang diratifikasi pada tahun 1920, menjamin hak memilih bagi semua orang tanpa memandang gender.

Hari Kesetaraan Perempuan hari ini merayakan pencapaian aktivis hak-hak perempuan dan mengingatkan kita akan perjuangan unik sehari-hari yang dihadapi perempuan. Untuk memastikan perempuan tidak tertindas oleh siapa pun, kita perlu memberdayakan mereka dengan pendidikan dan untuk mendukung pendidikan mereka, mereka memerlukan dana yang dapat membantu membangun landasan bagi masa depan mereka yang kuat.

2. Hari Anjing Nasional 

Melansir National Today, Hari Anjing Nasional jatuh pada tanggal 26 Agustus. Hari Anjing Nasional pertama kali ditetapkan pada tahun 2004 oleh pendukung gaya hidup hewan peliharaan & keluarga Colleen Paige.

Tujuan dari peringatan hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang adopsi hewan-hewan yang saat ini berada di pusat penyelamatan.

Selain itu, pada hari ini promosikan kepemilikan anjing atas semua ras, murni dan campuran. Rangkullah Hari Anjing Nasional sebagai kesempatan bagi semua anjing untuk menjalani kehidupan yang aman, bahagia, dan bebas pelecehan.

3. Hari Pertobatan Nasional di Papua Nugini

Masih dilansir dari National Today, Hari Pertobatan Nasional diperingati pada tanggal 26 Agustus setiap tahun di Papua Nugini. Hari libur umum dirayakan melalui upacara doa di seluruh negeri. Hari Pertobatan Nasional dimaksudkan sebagai hari doa umat Kristiani karena Papua Nugini adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Kristen.

Tanggal 26 Agustus tidak mempunyai makna sejarah atau keagamaan sebelumnya di Papua Nugini hari ini hanya dimaksudkan sebagai hari doa informal untuk memohon pengampunan kepada Tuhan atas kesalahan yang terjadi di Papua Nugini.

4. Hari Malam Kelelawar Internasional

Dilansir dari National Today, setiap tahun, pada akhir pekan penuh terakhir bulan Agustus, dunia merayakan Hari Malam Kelelawar Internasional.

Peristiwa ini adalah upaya bersama dari sekitar 30 negara, khususnya di Amerika Serikat dan Eropa, untuk menyebarkan kesadaran tentang pentingnya kelelawar dan keberlanjutan habitat mereka.

Malam Kelelawar Internasional juga bertujuan untuk membantah mitos yang sering mengelilingi makhluk yang satu ini.

Nah, itulah 4 momen penting yang dirangkum oleh tim Halosmi bagi referensi untuk menambah wawasan anda.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *