“bjb

28 November, Memperingati Apa Saja? Ini 4 Momen Pentingnya! 

HALOSMI.COM – Berdasarkan kalender Masehi, tanggal 28 November jatuh pada hari Selasa, minggu keempat di tahun 2023. Lantas apa saja yang diperingati di tanggal 28 November ini?

Terdapat beberapa momen penting yang diperingati pada 28 November ini baik dirayakan di Indonesia ataupun di dunia. Tim Halosmi telah merangkumnya untuk anda dan terdapat beberapa momen penting yang terjadi di tanggal 28 November. Ini daftarnya!

 

1. Hari Dongeng Nasional 

Dilansir dari laman resmi Kemendikbudristek, Hari Dongeng Nasional hanya diperingati di negara-negara tertentu saja. Hingga akhirnya, Indonesia pun ikut serta dalam perayaan Hari Dongeng Nasional yang diperingati setiap tanggal 28 November. Hari Dongeng Nasional pertama kali dideklarasikan pada tahun 2015 oleh Forum Dongeng Nasional dan komunitas lainnya, dengan dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Penetapan tanggal 28 November sebagai Hari Dongeng Nasional tidak lepas dari sosok Drs. Suyadi atau yang lebih dikenal dengan nama Pak Raden. Pak Raden adalah seorang pendongeng ternama Indonesia yang lahir pada tanggal 28 November 1932. Pak Raden telah berkontribusi besar dalam memperkenalkan dongeng di Indonesia. Beliau telah mendongeng di berbagai media, mulai dari radio, televisi, hingga pentas panggung. Dongeng-dongeng yang beliau sampaikan selalu sarat dengan pesan moral dan pendidikan.

Dengan adanya Hari Dongeng Nasional, harapannya budaya mendongeng yang mulai ditinggalkan, dapat dilestarikan di tengah maraknya teknologi yang terus berkembang.

 

2. Hari Lancashire di Inggris 

Dilansir dari Dilansir dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia ini berawal pada tanggal 28 November 2007. Di mana saat itu dilaksanakan Aksi Penanaman Serentak Indonesia dan Pekan Pemeliharaan Pohon.

Tepatnya, di Desa Cibadak, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini juga bahkan menjadi awal pergerakan Bulan Menanam Pohon Nasional (BMPN) pada Desember 2007.

Semenjak saat itu lah, Hari Menanam Pohon Indonesia, dan Bulan Menanam Nasional menjadi kegiatan rutin setiap tahun. Yaitu, sebagai pencegahan dari kerusakan lingkungan.

 

Adapun tujuan lain dari Hari Menanam Pohon Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Upaya mengantisipasi perubahan iklim global

2. Mencegah degradasi (menurunnya daya dukung lingkungan)

3. Mencegah deforestasi (peristiwa hilangnya hutan alam beserta dengan atributnya yang diakibatkan oleh penebangan hutan)

4. Mencegah kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan.

 

3. Hari Kemerdekaan Albania 

Dilansir dari National Today, Hari Kemerdekaan Albania dirayakan pada tanggal 28 November setiap tahun kalender di Albania, Kosovo, Makedonia Utara, dan diaspora Albania. Ini merayakan hari Deklarasi Kemerdekaan Albania dari Kekaisaran Ottoman diadopsi oleh Ismail Qemali pada tanggal 28 November 1912, dan pengibaran bendera Albania di Vlora, bertepatan dengan hari di mana Skanderbeg mengibarkan bendera yang sama di Krujë, pada bulan November 28, 1443.

Ini adalah hari pertama dari masa liburan dua hari karena Hari Kemerdekaan Albania selalu diikuti dengan Hari Pembebasan pada tanggal 29 November.

 

4. Hari Kemerdekaan Mauritania

Dilansir dari National Today, Hari Kemerdekaan Mauritania diadakan setiap tahun pada tanggal 28 November, hari yang sama ketika mereka memperoleh kemerdekaan dari Perancis beberapa dekade lalu. Kami merasa terhormat untuk merayakan hari bersejarah ini. Mauritania dikenal sebagai negara gurun karena dua pertiga wilayahnya terletak di gurun Sahara. Ia memiliki nama yang sama sejak 300 SM.

Ini adalah budaya yang menarik, dan mayoritas penduduknya beragama Islam. Agama mereka merupakan campuran kepercayaan Islam dan Afrika. Ada empat bahasa nasional — Hassānīya, Pulaar (Fulani), Soninke (Sarakolle), dan Wolof. Bahasa Prancis telah menjadi bahasa resmi sejak kemerdekaan.

Nah, itulah momen penting yang dirangkum oleh tim Halosmi bagi referensi untuk menambah wawasan anda.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *