“bjb

3 Desember, Memperingati Apa Saja? Ini 4 Momen Pentingnya! 

HALOSMI.COM – Berdasarkan kalender Masehi, tanggal 3 Desember jatuh pada hari Minggu, minggu pertama di tahun 2023. Lantas apa saja yang diperingati di tanggal 3 Desember ini?

Terdapat beberapa momen penting yang diperingati pada 3 Desember ini baik dirayakan di Indonesia ataupun di dunia. Tim Halosmi telah merangkumnya untuk anda dan terdapat beberapa momen penting yang terjadi di tanggal 3 Desember. Ini daftarnya!

 

1. Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) 

Dilansir dari laman resmi Direktorat Jendral (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Tanggal 3 Desember dijadikan sebagai Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) untuk mengenang pertempuran yang terjadi pada tanggal 3 Desember 1945 di Gedung Departement Van Verkeer En Waterstaat yang sekarang dikenal sebagai Gedung Sate Bandung.

Hari itu sekitar pukul 11.00 WIB, pasukan tentara sekutu (NICA) dengan persenjataan lengkap dan modern mengepung Gedung Sate yang saat itu dijaga dan dipertahankan oleh 21 orang petugas dari Gerakan Pemuda Pekerjaan Umum.

Walaupun demikian, petugas yang mempertahankan Gedung Sate tersebut tak mau menyerah begitu saja. Mereka melakukan perlawanan mati-matian dengan segala kekuatan yang dimiliki untuk mempertahankan kantor itu.

Pertempuran di Gedung Sate yang dahsyat dan tidak seimbang tersebut berakhir pada pukul 14.00 WIB. Dalam pertempuran itu, 7 orang pegawai PU gugur dan jenazah mereka tidak ditemukan sampai sekarang.

Tujuh pegawai PU yang gugur dalam peristiwa itu adalah Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono. Nama mereka kemudian dikenang sebagai Pahlawan Sapta Taruna.

 

2. Hari Penyandang Disabilitas Internasional 

Dilansir dari National Today, Hari Penyandang Disabilitas Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Desember mengajak kita untuk fokus pada tantangan yang dihadapi para penyandang disabilitas. Hari ini tidak membedakan antara disabilitas mental dan fisik, dan semangat hari ini adalah untuk memastikan bahwa semua orang di dunia memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja, bermain, kesehatan, dan kesuksesan.

Penyandang disabilitas dapat dan sering kali menjadi anggota masyarakat yang berkontribusi dan dihargai, dan saat ini yang terpenting adalah menghargai mereka.

 

3. Hari Petani di Ghana

Dilansir dari National Today, Hari Petani resmi di Ghana jatuh pada hari Jumat pertama bulan Desember, 3 Desember tahun ini, merayakan para petani dan nelayan di negara tersebut. Industri pertanian menyumbang setidaknya 20% hingga 30% pendapatan pada bidang sosial-ekonomi negara. Bisnis impor dan ekspor menghasilkan pendapatan bagi banyak rumah tangga, dan memungkinkan industri ekonomi berkembang.

Namun, isu-isu seperti perubahan iklim mempunyai dampak negatif terhadap industri ini. Industri pertanian menghadapi tantangan serupa pada awal tahun 1980an namun berjuang keras untuk mengembangkannya, sehingga berujung pada diperingatinya Hari Petani Ghana. Ini adalah hari untuk mengakui dan menghargai kerja keras para petani dan nelayan.

 

4. Hari Saba di Pulau Antillen Belanda 

Dilansir dari National Today, Hari Saba adalah hari libur resmi di Saba yang diperingati setiap tahun pada hari Jumat pertama bulan Desember. Hari ini menunjukkan kebanggaan nasional Saba: bendera, lagu kebangsaan, dan lambang negaranya. Merupakan pulau terkecil di Antillen Belanda dengan luas daratan hanya 5,0 mil persegi. Meski berada di bawah kekuasaan Belanda sejak tahun 1816, pulau ini memiliki otonomi tersendiri.

Hari Saba di Saba dirayakan dengan penuh kemegahan dan kemegahan dalam bentuk berbagai kontes, festival, dan upacara penghargaan untuk memberikan penghormatan kepada tokoh-tokoh terkemuka dari pulau tersebut. Yuk kenali lebih jauh lagi berikut ini!

Nah, itulah momen penting yang dirangkum oleh tim Halosmi bagi referensi untuk menambah wawasan anda.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *