“bjb

30 November, Memperingati Apa Saja? Ini 4 Momen Pentingnya! 

HALOSMI.COM – Berdasarkan kalender Masehi, tanggal 30 November jatuh pada hari Kamis, minggu keempat di tahun 2023. Lantas apa saja yang diperingati di tanggal 30 November ini?

Terdapat beberapa momen penting yang diperingati pada 30 November ini baik dirayakan di Indonesia ataupun di dunia. Tim Halosmi telah merangkumnya untuk anda dan terdapat beberapa momen penting yang terjadi di tanggal 30 November. Ini daftarnya!

 

1. Hari Kemerdekaan Barbados

Dilansir dari National Today, Hari Kemerdekaan Barbados dirayakan pada tanggal 30 November setiap tahun. Hari tersebut memperingati kemerdekaan negara kepulauan itu dari Inggris setelah lebih dari 360 tahun menjadi koloni Inggris. Hari Kemerdekaan Barbados ditandai dengan penerangan gedung Parlemen dan gedung perkantoran di seluruh Bridgetown.

Bundaran di jalan raya Barbados juga menyala, menciptakan pemandangan spektakuler di malam hari. Perayaan berlangsung sepanjang bulan November dan mencakup acara-acara penting seperti Perayaan Kemerdekaan Komunitas, kompetisi seni dan olahraga, acara sosial, dan layanan keagamaan. Hari nasional merupakan hari libur umum ketika sekolah, tempat usaha, dan perkantoran tutup, namun jika tanggal 30 November jatuh pada akhir pekan, maka hari Senin berikutnya akan menjadi hari libur umum.

 

2. Hari Saint Andrew di Eropa 

Dilansir dari National Today, Hari Saint Andrew, dirayakan pada tanggal 30 November setiap tahun, dianggap sebagai hari libur nasional di Skotlandia dan di seluruh Eropa. Dikenal sebagai santo pelindung Skotlandia, Rumania, Yunani, dan banyak negara Eropa lainnya,

Saint Andrew adalah seorang rasul yang tidak hanya memperkenalkan saudaranya, Peter, kepada Yesus tetapi juga membantu Raja Skotlandia Oengus I memenangkan pertempuran penting melawan Northumberland, mengamankan keamanan Skotlandia. St Andrew meninggal sebagai martir dan disalibkan di atas saltire, atau salib berbentuk “X”, di Yunani pada tahun 60 Masehi.

 

3. Hari Peringatan Semua Korban Perang Kimia

Dilansir dari National Today, Hari Peringatan untuk Semua Korban Perang Kimia diperingati pada tanggal 30 November secara internasional. Hari libur ini diciptakan oleh PBB dan diadakan untuk mengenang para korban perang kimia dan untuk menegaskan komitmen Organisasi Pelarangan Senjata Kimia terhadap perjuangan tersebut. Liburan ini bertujuan untuk mendorong upaya penghapusan penggunaan senjata kimia.

Hari Peringatan Semua Korban Perang Kimia diselenggarakan oleh PBB sebagai cara untuk menghormati semua nyawa yang hilang akibat senjata kimia. Senjata kimia pertama kali ditemukan pada tahun 1918 oleh seorang ahli kimia Jerman bernama Fritz Haber. Ia terkenal karena menemukan proses Haber-Bosch yang mensintesis amonia dari gas nitrogen dan gas hidrogen, yang membantu dalam sintesis pupuk. Penemuan ini digunakan dalam produksi pangan global dan mendukung hampir separuh populasi dunia.

Namun, ini bukan satu-satunya penemuan Haber yang mengubah hidup. Selama Perang Dunia I, Haber menandatangani Manifesto Sembilan Puluh Tiga, di mana ia dan ilmuwan serta cendekiawan Jerman lainnya menyatakan dukungan mereka terhadap militer Jerman. Haber mengembangkan dan mempersenjatai gas beracun untuk digunakan dalam perang parit, serta masker dan filter gas untuk melindunginya. Jerman pertama kali menggunakan senjata kimianya di Belgia pada tahun 1915 pada Pertempuran Ypres Kedua, melepaskan 168 ton gas klor. Sejak saat itu, Haber dan timnya terus bereksperimen dan mengembangkan lebih lanjut bahan kimia tersebut agar lebih efektif.

Upaya ini kemudian dilanjutkan di Amerika di mana mereka mengembangkan gas yang melepaskan zat pengiritasi, membuat tentara melepas masker mereka dan terkena gas tersebut. Tidak ada keraguan bahwa senjata kimia ini akan menjadi lebih kuat dan lebih mematikan jika terus dikembangkan. Pada tahun 1992, sebuah perjanjian dirancang bernama Konvensi Senjata Kimia dan disahkan pada tahun 1997. Untungnya, sebagian besar negara telah setuju untuk menghancurkan senjata kimia mereka.

 

4. Hari Menari Lapangan Nasional

Dilansir dari National Today, Hari Menari Lapangan Nasional dirayakan pada tanggal 29 November setiap tahun di Amerika Serikat untuk menghormati bentuk tarian rakyat persegi. Jenis tarian yang menyenangkan, menyehatkan, dan sederhana dengan sejarah panjang ini layak untuk dirayakan, dan berakar pada tarian rakyat tradisional Inggris, Irlandia, dan Skotlandia.

Untuk memahami pentingnya Square Dance Day, anda harus mempelajari terlebih dahulu tentang square dance! Ini adalah bentuk tarian di mana delapan orang dibagi menjadi empat pasangan berbeda. Setiap pasangan disusun dalam bentuk persegi, dengan satu pasangan di setiap sisi persegi, menghadap ke tengah.

Nah, itulah momen penting yang dirangkum oleh tim Halosmi bagi referensi untuk menambah wawasan anda.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *