“bjb
Ragam  

4 Aroma yang Sangat Dibenci Kecoak,Daun Salam Salah Satunya

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Sebenarnya, kecoa tidak membenci aroma secara spesifik, tetapi ada beberapa aroma yang diketahui dapat mengusir kecoa. Salah satu aroma yang diyakini dapat mengusir kecoa adalah aroma daun salam.

Daun salam mengandung senyawa yang disebut eugenol, yang memiliki aroma yang kuat dan tajam. Beberapa sumber mengklaim bahwa kecoa tidak menyukai aroma eugenol, sehingga daun salam dapat digunakan sebagai pengusir kecoa alami. Namun, penting untuk dicatat bahwa efektivitasnya dapat bervariasi tergantung pada kondisi dan jenis kecoa yang ada di sekitar.

Selain daun salam, ada beberapa aroma lain yang juga diketahui dapat mengusir kecoa. Beberapa di antaranya termasuk minyak lavender, minyak pepermint, minyak cengkeh, dan minyak kayu putih. Aroma ini dikatakan mengganggu indera penciuman kecoa dan dapat membuat mereka menjauh dari area yang diharapkan.

Meskipun aroma-aloma tersebut dapat digunakan sebagai upaya pengusir kecoa alami, penting untuk diingat bahwa cara terbaik untuk mengendalikan kecoa adalah dengan menjaga kebersihan dan kehigienisan ruangan. Menghilangkan sumber makanan dan tempat persembunyian potensial, serta menjaga kebersihan secara umum, akan membantu mencegah kecoa datang dan berkembang biak di dalam rumah atau bangunanmu.

Ada beberapa aroma lain yang dibenci kecoa berikut diantaranya:

Daun Catnip

Catnip telah banyak digunakan sebagai pengusir serangga alami. Catnip mengandung senyawa nepetalactone yang ampuh mengusir serangga tanpa membahayakan manusia. Mengutip The Asian Parent, rebus daun catnip selama 10 menit. Biarkan dingin sebelum air rebusannya dimasukkan ke dalam botol semprot. Setelahnya, semprotkan air tersebut di area yang dituju.

Bunga Krisan

Krisan mengandung piretrin atau senyawa kimia yang menyerang sistem saraf serangga saat bersentuhan langsung. Hancurkan bunga krisan hingga bubuk. Campurkan 2 sdm bubuk bunga krisan ke dalam 1 liter air panas. Lalu, masukkan sedikit deterjen ke dalam campuran dan aduk rata. Masukkan campuran ke dalam botol semprot dan gunakan pada area-area yang dituju.

Lavender

Tak hanya ampuh mengusir nyamuk, aroma lavender yang memberikan kesan menenangkan ini justru sangat dibenci kecoak. Kamu bisa menanam tanaman lavender di halaman rumah atau mencampurkan minyak esensial lavender dengan air dan menyemprotkannya ke area rumah.

Jeruk

Aroma jeruk atau sitrus juga bisa membantu mengusir serangga seperti kecoak. Namun, alih-alih menggunakan pembersih beraroma lemon, Anda disarankan menggunakan kulit jeruk segar yang ditaruh di sekitar rumah.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *