“bjb
Tekno  

4 Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan Secara Cepat dan Mudah

Ilustrasi katru BPJS Kesehatan. Foto : Doc. Medcom.id
Ilustrasi katru BPJS Kesehatan. Foto : Doc. Medcom.id

HALOSMI.COM- BPJS Kesehatan adalah lembaga atau badan yang mengelola program jaminan sosial di bidang kesehatan. JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional merupakan komponen dari SJSN yang masuk ke dalam program jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan.

Kini kartu BPJS kesehatan sangat penting untuk kita bawa kemanapun dan kapanpun karena Nomor BPJS Kesehatan sangat penting untuk pembayaran iuran, cek saldo, dan mengecek keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan.

Jika kamu lupa nomor BPJS Kesehatan dan terlambat membayar iuran, maka kepesertaan BPJS Kesehatan bisa dinonaktifkan.  Namun jangan khawatir, sebab mengecek nomor BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan mudah melalui ponsel maupun dilakukan secara offline.

Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan via WhatsApp

Sekarang cek nomor BPJS Kesehatan bisa menggunakan layanan WhatsApp BPJS Kesehatan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa). Untuk mengetahui nomor Pandawa kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat bisa disimak dalam daftar berikut ini:

  • Daftar Nomor Pandawa Se-Indonesia
  • Selanjutnya kamu tinggal mengikuti panduan yang diminta nomor Pandawa tersebut.
  • Hubungi di jam layanan pada hari Senin–Jum’at pukul 08.00–15.00 WIB.

Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP via Aplikasi JKN

Cara mengencek dan mengetahui nomor BPJS Kesehatan bisa dilakukan via aplikasi Mobile JKN. Syaratnya sangat mudah, kamu cukup menggunakan Nomor Induk KePendudukan (KTP) di KTP.  Berikut ini cara cek nomor BPJS Kesejatan memakai NIK via aplikasi Mobile JKN:

  • Download aplikasi Mobile JKN di PlayStore
  • Selanjutnya buka aplikasi Mobile JKN di ponsel Klik “login” menggunakan user ID dan password saat pertama kali mendaftar BPJS online.
  • Kemudian pilih masuk menggunakan “NIK” Masukkan 16 digit NIK Masukkan password
  • Tuliskan captcha sesuai dengan captcha yang muncul
  • Klik “Masuk” Setelah login, dan kamu bisa klik “Profil” untuk melihat nomor BPJS Kesehatan yang kamu miliki.

Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan via Call Center 165

Untuk bisa mengecek nomor BPJS Kesehatan yaitu dengan menghubungi call center BPJS Kesehatan.  BPJS care center 165 adalah kanal layanan tanpa tatap muka melalui media telepon yang dapat diakses setiap hari selama 24 jam.

Selain mengecek nomor kepesertaan, kamu juga bisa mengecek status peserta hingga tagihan iuran. Care Center BPJS Kesehatan 165 adalah nomor layanan pengganti yang sebelumnya memiliki nomor 1500400.

Cek Nomor BPJS Kesehatan via SMS

Dikutip dari laman BPJS Kesehatan , kamu bisa mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan dengan memanfaatkan fitur SMS Gateway dri BPJS Kesehatan. SMS Gateway adalah layanan informasi dua arah yang disampaikan melalui pesan singkat atau SMS melalui nomor jaringan seluler nomor 08777-5500-400. Cara mengecek nomor BPJS Kesehatan via SMS sebagai berikut:

  • NIK (spasi) NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN
  • Contoh : NIK 3509876649
  • Kirim ke : 087775500400.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *