Ragam  

4 Cara Memperbaiki Ritsleting Tas yang Sulit Menutup

Foto : Doc. CV. Oscas Indonesia

HALOSMI.COM- Yang kita tahu bahwa tas menjadi benda penting untuk membawa sejumlah barang. Ada beberapa jenis tas yang umum digunakan, seperti tas ransel, selempang, tas tangan, bahkan koper. Saat hendak bepergian, kita akan memasuk-masukkan barang ke tas agar tidak tercecer.

Namun kerap kali kita menemukan ritsleting yang rusak sehingga sulit untuk di tutup. Kondisi inipun terkadang menjadi alasan kita merasa kesal. Apalagi jika hal ini terjadi pada saat sedang berada di suatu acara penting yang secara tiba-tiba ritseleting tas sulit untuk dibuka.

Untuk bisa mengatasinya Dikutip dari Sonora.id, berikut ini cara mengatasi ritsleting tas yang tak mau menyatu dan ditutup.

Kencangkan Kepala Ritsleting

Kepala ritsleting berguna untuk membuka dan menutup bagian geriginya. Ketika kendur, ritsleting akan mudah terbuka lagi. Berikut cara mengatasinya:

  • Siapkan tang penjepit untuk mengencangkan kepala ritsleting.
  • Tekan bagian atas dan bawah kepalanya hingga menutup sedikit demi sedikit.
  • Coba digerakkan untuk memastikan kepala ritsleting sudah kencang.
  • Ulangi lagi jika kepala masih kendur.

Bersihkan Bagian Ritsleting

Biasanya gerigi yang kotor akan menyebabkan ritsleting macet saat akan ditutup. Untuk mengatasinya, bersihkan ritsleting dengan disikat menggunakan sabun cuci. Selain sabun, cuka juga dapat digunakan untuk mencuci ritsleting yang kotor atau berkarat.

Oleskan Lilin

Bukan hanya sebagai penerang, Lilin juga dapat digunakan untuk mengatasi ritsleting yang geriginya tidak bisa digerakkan. Lilin akan membuat permukaannya menjadi lebih licin sehingga mudah digerakkan. Selain lilin, shampo, petroleum jelly, sabun cuci, losion, bahkan pensil juga dapat digunakan sebagai pelicin ritsleting. Caranya sama, oleskan pada bagian gerigi.

Ritsleting Bengkok 

Cobalah untuk cek posisi ritsleting. Bisa jadi gigi gerigi tasmu bengkok atau tidak rata. Hal ini juga yang bisa membuat tas sulit ditutup karena macet. Berikut cara memperbaikinya:

  • Siapkan tang yang ujungnya berbentuk runcing.
  • Tarik gigi ritsleting yang bengkok hingga rata dengan gigi lainnya.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *