Tekno  

4 Cara Mudah Mengatasi Keyboard yang Sebagian Tidak Bisa Berjalan

Foto : Doc. Indorental

HALOSMI.COM- Keyboard merupakan perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Jika tombol huruf ditekan, rangkaian tersebut akan menyalurkan arus listrik ke sistem pengolahan internal keyboard. Ketika sudah beberapa kali menekan tombol keyboard, sistem akan menginput masukan pada papan. Sistem akan mengenali tombol dan hasil olahan apa yang harus dikeluarkan.

Dengan menggunakan keyboard mampu membantu pekerjaan seseorang. Namun seringkali kita mengalami mengalami gangguan seperti tidak berfungsi sepenuhnya atau hanya sebagian sehingga tidak dapat digunakan. Jika kamu mengalami permasalahan ini, kamu bisa lakukan beberapa cara yang dikutip dari Tech Walla:

Nonaktifkan Filter dan Kunci

Jika keyboard tampak berfungsi tetapi berperilaku tidak terduga dan tidak mengetik tombol yang tekan, mungkin kamu bisa menonaktifkan tombol tempel, filter dan alihkan. Pilih Setting > Accessibility > Keyboard lalu non aktifkan tombol sakelar, tempel dan filter.

Coba F-Lock atau Fn dan Num Lock

Mengutip Computer Hope, jika tombol tidak berfungsi mungkin kamu perlu mengubah F-Lock atau Fn. Tombol F-Lock digunakan untuk menghidupkan dan mematikan tombol F (F1 hingga F12) atau fungsi sekunder tombol F. Jika tombol angka tidak berfungsi, kamu bisa menekan Num Lock yang digunakan untuk beralih fungsi utama (angka) dan sekunder (panah, home, Delete, dll) dari keypad numerik).

Periksa Koneksi Keyboard

Jika kamu menggunakan keyboard USB, cobalah cabut dan pasang kembali. Jika tidak berhasil coba colokkan ke port USB lain atau ke perangkat lain untuk melihat apakah itu berfungsi. Kamu juga bisa memeriksa kabel USB lain yang berfungsi jika keyboard menggunakannya.

Pilih Bidang Teks yang Benar

Pastikan bidang teks kamu sudah benar. Klik langsung di bidang teks lalu coba ketik ulang. Jika kamu secara tidak sengaja mengklik di luar bidang teks, kamu tidak akan menerima penekanan tombol apa pun atau komputer akan mengirim jenis ke tempat yang salah.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *