4 Gerakan Olahraga yang Baik Dilakukan Saat Menstruasi

Foto : Doc. Tialoto

HALOSMI.COM- Sering menjadi perdebatan mengenai boleh tidaknya wanita olahraga saat haid,  karena ada beberapa orang yang menganggap saat PMS atau Menstruasi tidak boleh berolahraga karena tidak baik untuk kesehatan. Bahkan ada yang menganggap beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika berolahraga pada saat menstruasi.

Jawaban yang benar adalah boleh dan bahkan disarankan. Olahraga saat haid atau menstruasi dapat membantu menaikkan suasana hati ketika kamu memiliki perasaan sedih atau marah karena gejala PMS. Selain itu, aktivitas fisik yang dilakukan ternyata dapat menurunkan kelelahan pada tubuh selama periode menstruasi.

Cobalah melakukan olahraga yang ringan pada saat menstruasi seperi 4 gerakan dibawah ini :

Yoga 

Foto : Doc. Thrlive

Yoga adalah olahraga yang ringan dimana olahraga ini mengombinasikan fikiran dan tubuh. Gerakan ini mengutamakan kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik.

Terbukti yoga atau meditasi dapat merilekskan mood dan perasaan mudah marah ketika haid. Dari sisi kesehatan, yoga juga dapat melatih cara pernapasan dan peregangan anggota tubuh. Banyak pose yoga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan nyeri tubuh. Bahkan yoga dapat meredakan gejala menstruasi seperti kram dan kembung.

Jogging 

Foto : Doc. Pinterest

Tak perlu melakukan lari dengan kecepatan yang cepat, cukup dengan melakukan joggong setiap pagi pada saat menstruasi. Dengan aktifitas ini, kamu akan membantu tubuh menyesuaikan mood yang mudah berubah saat menstruasi datang.

Selain itu Gerakan sederhana ini akan meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh, yakni hormon yang membantu mengurangi rasa sakit.

Zumba 

Foto : Doc. Pinterest

Olahraga yang sangat menyenangkan ini sangat cocok sekali di lakukan oleh wanita yang sedang menstruasi. Irama musik dari olahraga ini akan meningkatkan mood kita. Bahkan gerakan olahraga ini dapat membakar kalori ekstra dalam tubuh.

Peregangan 

Foto : Doc. Pixabay

Cobalah melakukan peregangan dan tarik napas dalam-dalam untuk mengendurkan otot-otot tubuh. Lakukan peregangan secara berulang untuk menjaga tubuh tetap rileks di kala menstruasi datang. Kamu bisa melakukan olahraga ringan ini di rumah bahkan di dalam kamar.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *