Ragam  

4 Lalaban yang Ampuh Turunkan Kolestrol Tinggi, Daun Kemangi Salah Satunya

Foto : Doc. resepkoki

HALOSMI.COM- Selain mudah didapat, lalaban terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti stroke hingga serangan jantung. Lalapan penurun kolesterol tinggi kaya akan antioksidan dan rendah kalori yang diperlukan untuk menjaga berat badan tetap sehat. Selain itu, beberapa lalapan sangat tinggi pektin yakni serat larut penurun kolesterol yang juga terkandung pada apel dan jeruk.

Seperti diketahui diet memiliki efek yang kuat pada kolesterol dan faktor risiko lainnya. Berikut empat lalapan penurun kolesterol tinggi seperti dikutip dari Health Line:

Kecipir 

Penelitian yang dilakukan di Universitas Gadjah Mada membuktikan bahwa biji kecipir dapat menaikkan tingkat kolesterol baik dan menurunkan kolesterol tinggi pada medium penelitian tikus dalam waktu 1 minggu.

Terong 

Terong kaya akan serat. 100 gram terong mengandung 3 gram serat. Asosiasi Jantung Amerika (AHA) menunjukkan, serat membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Terong juga mengurangi risiko pengembangan penyakit jantung, stroke, obesitas dan diabetes tipe 2. Di Thailand, terong hijau dipakai untuk bahan obat tradisional karena dapat meningkatkan kolesterol baik.

Kemangi 

Minyak esensial daun kemangi bisa membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida. Daun ini juga mengandung magnesium, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dengan membuat otot dan pembuluh darah menjadi rileks.

Buncis 

Selain ditumis bersama bahan tambahan seperti daging cincang, bakso atau sosis, buncis rebus memberikan manfaat untuk kesehatan. Kandungan serat pada buncis mampu menurunkan kolesterol tinggi.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *