“bjb
Ragam  

4 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan Tubuh

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Duku merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari Indonesia. Sekarang populasi duku sudah tersebar secara luas di seluruh pelosok nusantara.

Selain rasanya yang manis dan lezat, ternyata duku juga memiliki kandungan nutrisi buah duku di setiap 100 gram mengandung kalori 7.0 kal, protein 1.0 gram, lemak 0.2 gram, karbohidrat 13 gram, mineral 0.7 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0.9 mg.

Hal ini yang menjadi alasan mengapa buah duku memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat buah duku bagi kesehatan :

Sebagai Obat Cacingan, Menurunkan Demam Serta Membantu Mengurangi Diare

Manfaat buah duku juga bisa digunakan sebagai obat cacing, menurunkan demam, serta membantu mengurangi diare.  Cara mengkonsumsi buah duku sebagai obat demam dan cacingan yakni ambil biji buah duku, kemudian tumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan sedikit air.  Minum secukupnya sesuai kebutuhan. setelah itu minum satu kali sehari, sekali minun seperempat gelas.

Mengobati Gigitan Serangga Berbisa, Malaria, dan Obat Disentri

Perlu diketahui ternyata buah duku juga mampu membantu mengobati gigitan serangga berbisa, malaria, dan obat disentri. Cara menggunakannya yakni ambil tepung kulit kayu buah duku, yang dimaksud dengan tepung kulit kayu duku adalah sejenis serbuk putih yang biasanya menempel dikulit kayu buah duku.  Setelah diambil kemudian oleskan tepung kulit kayu buah duku tersebut kebagian tubuh kita yang tergigit atau tersengat kalajengking.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Buah duku mengandung dietary fiber atau serat yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.  Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

Menguatkan Gigi

Manfaat buah duku juga bisa menguatkan gigi sebab tanaman ini mengandung fosfor yang baik untuk gigi. Selain itu, buah duku juga mengandung vitamin A yang juga dikenal sebagai retinol atau karotenoid, dan fosfor.  Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak, yang berperan penting dalam menjaga gigi dan tulang rangka.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *