“bjb
Ragam  

4 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh, Ampuh Meredakan Demam Salah Satunya!

Foto : Doc. Agrozine

HALOSMI.COM- Buah duku, yang juga dikenal dengan nama lain Lansium domesticum, adalah buah tropis yang populer di Asia Tenggara. Buah ini memiliki kulit yang tebal dan daging buah yang manis dengan rasa yang unik. Selain menjadi hidangan lezat, duku juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa manfaat kesehatan dari buah duku.

Sumber Nutrisi

Buah duku mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Buah ini mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, serat, zat besi, kalsium, fosfor, dan kalium. Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin B kompleks berperan dalam metabolisme energi. Serat membantu menjaga pencernaan yang sehat, sementara zat besi penting untuk produksi sel darah merah.

Kaya Akan Antioksidan

Duku mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit. Konsumsi buah duku secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

Mampu Meredakan Demam 

Manfaat buah duku selanjutnya yaitu dapat meredakan demam. Mengkonsumsi buah duku sangat efektif membantu meredakan demam dan pilek.  Pasalnya, buah duku mengandung banyak vitamin C yang berperan mengurangi gejala demam dan pilek.

Menyehatkan Jantung

Buah duku rendah lemak dan kolesterol, tetapi kaya akan kalium. Kalium membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan berperan penting dalam fungsi jantung yang sehat. Mengonsumsi buah duku dapat membantu menjaga tekanan darah normal, mengurangi risiko hipertensi, dan meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *