“bjb

4 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh : Salah Satunya Cocok untuk Diet

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Nanas adalah salah satu buah tropis yang banyak disukai karena rasanya yang lezat dan dapat disajikan ke dalam berbagai bentuk makanan dan minuman. Namun banyak orang juga yang mengenal buah ini adalah buah yang cukup membahayakan karena pemicu sakit perut, keputihan, hingga keguguran. Hal tersebut kemudian membuat banyak orang berpikir ulang untuk mengonsumsi nanas.

Padahal, jika kita mengkonsumnya tidak secara berlebihan itu tidak akan terjadi. Karena Buah ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Berikut adalah sejumlah manfaat buah nanas untuk kesehatan yang bisa kamu peroleh :

Sangat Baik Untuk Kesehatan Tulang 

Nanas adalah salah satu sumber makanan yang tinggi mineral mangan. Satu cangkir nanas mengandung sekitar 76 persen nilai mangan harian yang direkomendasikan. Sama pentingnya dengan kalsium, mineral mangan sangat penting untuk menjaga tulang yang kuat.

Membantu Menurunkan Berat Badan 

Buah nanas dapat menjadi pilihan camilan yang sehat karena rendah kalori, tinggi vitamin dan mineral penting, serta tidak termasuk lemak jenuh atau lemak trans.

Sebenarnya tidak ada buah tertentu yang secara langsung menyebabkan penurunan berat badan. Tapi, mereka akan membantumu merasa kenyang tanpa menambahkan kalori ke dalam tubuhmu.

Menaikan Sistem Imun

Penelitian yang melibatkan dua tikus menemukan bahwa antioksidan yang terdapat di dalam nanas memiliki efek proteksi untuk penyakit jantung. Bahkan buah nanas kaya akan antioksidan, yakni molekul yang dapat membantu tubuh mengatasi stres oksidatif sehingga mampu menaikkan sistem imun. Antioksidan yang terdapat dalam nanas berupa flavonoid dan fenolik.

Menurunkan Resiko Kanker 

Penyakit kanker disebabkan oleh munculnya perkembangan sel yang tidak terkontrol. Ada berbagai faktor yang dapat membuat seseorang terkena kanker, mulai dari riwayat kesehatan keluarga hingga gaya hidup.

Beberapa penelitian menemukan bahwa nanas mengandung komponen bromelain yang dapat menurunkan risiko kanker dengan mengurangi peradangan. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada sel manusia. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *