“bjb
Ragam  

4 Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Foto : Doc. Bukalapak

HALOSMI.COM- Buah sukun adalah buahyang tidak mempunyai biji dan tumbuh di beberapa wilayah kepulauan daerah tropis. Buah sukun memiliki bentuk yang bulat dan seringnya berwarna hijau yang umum diolah dengan cara digoreng. Buah ini suka dikonsumsi sebagai makanan pokok karena mengenyangkan.

Selain itu, buah sukun juga memiliki kandungan baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jika dihitung per 100 gram berikut jumlah kandungan gizi yang bisa kamu dapatkan :

  • Air: 37 miligram (mg).
  • Energi: 126 kkal.
  • Protein: 1,6 gram (g).
  • Karbohidrat: 24,5 g.
  • Lemak: 0,2 g.
  • Serat: 1,5 g.
  • Kalsium: 337 mg.
  • Kalium: 436 mg.
  • Natrium: 25 mg.

Tak hanya itu saja, buah sukun juga mengandung nutrisi lain di dalamnya seperti vitamin B, vitamin C, beta karoten, riboflavin, dan niasin. Berikut manfaat buah sukun untuk kesehatan. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Perlu diketahui bahwa dalam buah sukun mengandung indeks glikemik yang terbilang rendah. Hal tersebut yang membuat buah sukun ini dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa buah sukun ini bisa dijadikan sebagai obat alternatif penyakit diabetes. Meski begitu, hal tersebut masih perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam agar mendapatkan hasil yang sangat valid.

Membantu Tubuh Melawan Radikal Bebas

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah sukun mengandung senyawa phenolic dan flavonoid yang bersifat antioksidan. Kedua kandungan ini membantu tubuh melawan dampak yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

Jenis buah sukun berwarna kuning-oranye memiliki lebih banyak kandungan antioksidan xanthin dan lutein yang memiliki manfaat serupa.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat buah sukun yang selanjutnya adalah mampu menjaga serta meningkatkan kesehatan mata. Dalam buah sukun mengandung karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Berkat kandungan karotenoid ini, buah sukun bermanfaat untuk melindungi sel-sel sehat pada mata serta mencegah degenerasi makula. Degenerasi makula ini merupakan salah satu penyebab terjadinya kebutaan.

Melindungi tubuh dari serangan penyakit

Kebanyakan orang mungkin akrab dengan buah jeruk sebagai salah satu buah kaya vitamin C. Padahal, vitamin C dalam buah sukun juga tak kalah tinggi.

Seratus gram buah sukun mengandung 29 miligram vitamin C yang memenuhi 48% kebutuhan vitamin C dalam sehari. Konsumsi buah-buahan tinggi vitamin C membantu tubuh melawan serangan penyakit dan radikal bebas yang berbahaya.

Meskipun rasanya mungkin tidak selezat jenis buah-buahan lainnya, buah sukun bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin mencoba jenis buah-buahan baru.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *