Ragam  

4 Manfaat Petai yang Jarang Diketahui Banyak Orang Bagi Kesehatan Tubuh

Foto: Doc. Lemonilo

HALOSMI.COM- Petai merupakan tanaman yang berasal dari Malaysia dan termasuk pohon tahunan tropis dari suku polong-polongan (Fabaceae). Parkia speciosa Hassk. merupakan tanaman berbentuk pohon yang tingginya mencapai 20 m dan bercabang, daun majemuk yang tersusun sejajar.

Meski memiliki bau yang khas pada saat di makan, petai ini memiliki banyak kandungan baik untuk kesehatan tubuh seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, vitamin E, vitamin B dan masih banyak lagi.

Maka tak heran jika petai memiliki banyak manfaat untuk tubuh yang bahkan tidak banyak orang tahu, berikut diantaranya:

Mengontrol Diabetes

Mengkonsumsi petai mentah sangat bermanfaat untuk mengontrol diabetes. Sehingga petai patut dicoba bagi kamu yang mempunyai masalah gula darah tinggi. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Menjaga Kesehatan Jantung

Petai bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, petai mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung karena mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan berbagai gejala penyakit jantung lainnya.

Membantu Mengurangi Depresi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh MIND (sebuah lembaga penelitian) pada individu yang berjuang dengan gangguan depresi menemukan bahwa banyak dari kelompok fokus merasa jauh lebih baik setelah mengkonsumsi petai.

Menurunkan Kolesterol

Petai mengandung cukup banyak serat yang dikaitkan dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.  Selain itu, mengkonsumsi petai juga mampu meningkatkan metabolisme glukosa dan respons insulin yang berarti dapat membantu mengatasi masalah memalukan seperti sembelit.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *