4 Minuman ini Sangat Ampuh Menurunkan Kolesterol Secara Efektif Jika Dikonsumsi di Pagi Hari

Foto : Doc. Aladokter

HALOSMI.COM- Seperti yang kita ketahui bahwa kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa memicu tekanan darah tinggi serta meningkatkan risiko jantung dan stroke. Untuk menghindari hal ini, kadar kolesterol bisa diturunkan melalui aktivitas fisik dan diet seimbang, termasuk mengonsumsi minuman yang secara alami menurunkan kolesterol.

Salah satu penyebab penumpukan lemak adalah diet yang tidak sehat, seperti konsumsi makanan dan minuman kaya lemak serta tidak berolahraga. Meski demikian, ada sejumlah minuman pagi hari yang bisa turunkan kolesterol secara alami. Di antaranya, dilansir dari cnnindonesia.com :

Teh Hijau

Teh hijau telah lama dikenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan dalam teh hijau dapat membantu mengurangi oksidasi kolesterol LDL (“kolesterol jahat”) dan meningkatkan kolesterol HDL (“kolesterol baik”), yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Susu Kedelai

Kedelai rendah lemak jenuh. Mengganti krim atau produk susu tinggi lemak dengan susu atau krimer kedelai dapat membantu mengurangi atau mengelola kadar kolesterol.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan konsumsi 25 gram protein kedelai per hari sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, lebih baik mengonsumsi kedelai dalam bentuk utuh dan diproses secara minimal dengan sedikit atau tanpa tambahan gula, garam, dan lemak.

Minuman Oat (gandum)

Oat mengandung beta-glukan, yang menciptakan zat seperti gel dalam usus dan berinteraksi dengan garam empedu. Ke semuanya dapat menghambat penyerapan kolesterol dan membantu mengurangi kadar kolesterol.

Sebuah ulasan tahun 2018 menemukan bahwa minuman oat, seperti susu oat, dapat menawarkan pengurangan kolesterol yang lebih konsisten daripada produk oat semi-padat atau padat. Segelas susu oat berukuran 250 ml dapat memberikan 1 gram beta-glukan.

Susu Nabati

Jika kita suka minum susu, berhati-hatilah untuk melakukan beberapa perubahan pola makan yang mudah ketika diketahui kolesterol kamu tinggi. Solusi pertama adalah beralih ke susu yang terbuat dari tanaman atau nabati. Banyak jenis susu nabati yang memiliki kandungan yang dapat mengurangi atau mengontrol kadar kolesterol

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *