“bjb

4 Minuman Sehat ini Sangat Cocok Untuk Detoks Ginjal

Foto : Doc. Ala dokter

HALOSMI.COM- Detoks ginjal adalah proses mengurangi atau menghilangkan racun yang berada di dalam tubuh bagian ginjal. Hal ini sangat penting dilakukan karena banyak paparan racun seperti polusi udara, kosmetik, kontaminasi makanan, yang secara terus menerus membuat tubuh dibanjiri dengan polutan berbahaya.

Untuk mendetoksasi ginjal, kita bisa mengkonsumsi makanan yang tepat atau bahkan minuman yang memang bisa menghilangkan racun yang ada. Dikutip dari laman Global Healing, berikut rekomendasi minuman sehat yang dapat membantu proses detoks ginjal.

Jus Buah Bit 

Foto : Doc. Pinterest

Buah bit adalah buah yang memiliki kandungan betaine yang merupakan fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Betain juga termasuk antioksidan kuat yang bisa menjaga tingkat keasaman urin. Sehingga dapat membersihkan kalsium fosfat dan struvite dari ginjal.

Pengurangan kalsium fosfat dan struvite ini bisa meningkatkan fungsi ginjal dan mengurangi risiko batu ginjal. Buah bit ini bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan racun pada ginjal dengan cara di jus.

Air Lemon dan Cuka Apel 

Foto : Doc. Grid.ID

Tidak hanya untuk menghilangkan racun, minuman ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi batu ginjal. Pasalnya minuman ini dapat dikonsumsi atas petunjuk dokter, karena ada suplemen pembersih ginjal yang perlu pengawasan dalam mengonsumsinya.

Cleansing Juice 

Foto : Doc. Pinterest

Minuman ini adalah minuman yang biasa dibuat untuk kesehatan tubuh. Namun manfaat lainnya yaitu untuk mendetoks ginjal. Cleansing juice biasanya dibuat dengan bahan campuran berbagai sayuran seperti seledri, mentimun, selada, wortel, kale dan bayam.

Tidak hanya sayuran, buah-buahanpun bisa dijadikan sebagai minuman cleasing juice seperti campuran apel, jeruk, pir, nanas dan buah peach untuk dibuat jus atau diambil sarinya, kemudian diminum secara rutin.

Jus Cranberry 

Foto : Doc. Tasting Table

Buah ini biasa digunakan sebagai pengobatan herbal untuk kesehatan saluran kemih dan ginjal. Buah cranberry  sangat kaya antioksidan ini dapat membantu melawan infeksi saluran kemih dengan mengurangi adhesi bakteri ke kandung kemih serta uretra.

Cranberry juga dapat membantu proses pembersihan ginjal dari kelebihan kalsium oksalat, penyebab utama batu ginjal. Agar lebih sehat, baiknya memilih buah cranberry yang organik, dan dibuat menjadi minuman jus tanpa gula tambahan.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *