Ragam  

4 Misteri Seputar Gunung Salak yang Bikin Merinding

Foto : Doc. Wikipedia

HALOSMI.COM – Pesona Gunung Salak dengan segala suguhan alam yang dimiliki memang tak ada habisnya. Gunung yang memiliki ketinggian 2.211 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini secara administratif berada di antara Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Gunung ini juga merupakan habitat dari sejumlah satwa langka nan eksotis, seperti macan tutul (Panthera pardus), owa jawa (Hylobates moloch), surili (Presbytis comata), trenggiling (Manis javanica), hingga spesies burung, reptil, amfibi dan satwa eksotis lainnya.

Namun, di balik pesonanya itu, Gunung Salak juga dikelilingi oleh berbagai misteri dan cerita legenda dari waktu ke waktu. Selain itu, beberapa cerita mistis dan mitos lokal juga mengelilingi gunung ini, termasuk tentang makhluk gaib dan fenomena alam yang tak dapat dijelaskan.

Seiring waktu, misteri-misteri ini telah menciptakan daya tarik tersendiri bagi para peneliti dan pencari petualangan. Dikutip dari beberapa sumber, berikut empat misteri seputar Gunung Salak.

Kecelakaan Pesawat

Hilangnya Pesawat Dakota KLM: Pada tahun 1947, pesawat Douglas Dakota KLM yang membawa 16 penumpang dan awaknya hilang saat terbang di dekat Gunung Salak. Pesawat ini baru ditemukan lebih dari 50 tahun kemudian, pada tahun 1994. Misteri mengenai penyebab hilangnya pesawat ini dan kondisi penemuan yang misterius masih menjadi topik pembicaraan dan spekulasi.

Kejadian berikutnya yang paling terkenal pada tahun 2012, ketika sebuah pesawat Sukhoi Superjet 100 jatuh di kawasan tersebut dan menewaskan semua penumpang di dalamnya.

Selain kejadian tersebut, pada tahun 2002, sebuah pesawat Garuda Indonesia juga jatuh di dekat Gunung Salak, menewaskan 21 orang di dalamnya. Selain itu, pada tahun 1992, sebuah pesawat Merpati Nusantara Airlines juga jatuh di dekat gunung ini, menewaskan 27 orang.

Kematian Pendaki Misterius

Gunung Salak juga telah menjadi tempat kejadian beberapa kasus kematian pendaki yang masih belum terpecahkan. Beberapa pendaki ditemukan meninggal dengan keadaan yang misterius dan tanpa penjelasan yang jelas tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Dalam banyak kasus juga sering terjadi pendaki yang tersesat selama berjam-jam di area lereng jalur pendakian.

Fenomena Alam Aneh

Beberapa saksi telah melaporkan fenomena alam yang aneh di sekitar Gunung Salak, seperti cahaya misterius yang terlihat di malam hari atau suara-suara aneh yang tidak dapat dijelaskan. Fenomena ini sering kali memicu spekulasi dan teori konspirasi. Kemudian, di lembah gunung ini juga sering turun kabut tanpa mengenal cuaca.

Lembah Mati di Gunung Salak

Terdapat laporan tentang adanya “Lembah Mati” di sekitar Gunung Salak, tempat di mana tidak ada kehidupan yang dapat bertahan. Tanaman tidak tumbuh, hewan tidak dapat hidup, dan suhu ekstrem terjadi. Meskipun belum ada penjelasan ilmiah yang pasti, cerita tentang Lembah Mati ini telah menjadi bagian dari cerita rakyat setempat.

Harap diingat bahwa misteri-misteri ini sering kali terbungkus dalam cerita lisan dan spekulasi. Penjelasan ilmiah mungkin dapat mengatasi beberapa misteri ini, tetapi daya tarik cerita dan legenda terus mengelilingi Gunung Salak.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *