Ragam  

4 Ramuan Herbal yang Ampuh Merontokan Lemak Darah, Cocok Dikonsumsi Penderita Kolestrol!

Foto : Doc. Pixabay

HALOSMI.COM- Perlu kita ketahui bahwa, kadar lemak darah yang tinggi atau kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, diantaranya serangan jantung, serangan stroke dan bahkan dapat berujuk kematian. Bahkan belakngan ini kolesterol menjadi penyakit yang cukup banyak menyerang masyarakat. Kolesterol tidak hanya menyerang orang tua tapi juga anak muda.

Untuk bisa menyembuhkan penyakit ini, banyak orang yang akhirnya mengkonsumsi obat-obatan yang berasal dari bahan kimia. Padahal yang sudah kita ketahui bahwa obat kimia memiliki banyak efek sampingnya. Padahal penderita kolesterol bisa mengonsumsi obat herbal. Beberapa tanaman bisa dijadikan obat herbal yang ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut, obat herbal yang bisa menurunkan kolesterol seseorang :

Kedelai 

Kedelai dianggap bisa sedikit membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Sehingga, jangan ragu untuk menambahkannya dalam menu harian. Meski begitu, perlu diingat juga cara mengolahnya dan jangan hanya mengandalkan makan tahu dan tempe sebagai obat herbal kolesterol.

Bawang putih 

Selain menjadi bumbu dapur, bawang putih juga jadi obat herbal. Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang sangatlah beragam. Selain bisa membantu meredakan gejala berbagai penyakit, seperti pilek, tanaman yang satu ini ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Dengan kamu mengonsumsi masakan yang mengandung bawang putih tidak serta-merta akan menurunkan kadar kolesterol. Saat ini, masih terdapat perdebatan di antara para peneliti mengenai peran bawang putih sebagai obat herbal kolesterol. Sehingga, apabila Anda ingin menggunakannya sebagai obat, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

Jahe 

Selain bawang putih, rempah seperti jahe juga sering disinggung sebagai salah satu obat herbal kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan, rempah ini bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida di tubuh, serta mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Cukup mencampurkan potongan jahe ke dalam segelas air hangat atau air panas. Tunggu hingga jahe tersebut bercampur dan minumlah sebagai wedang. Untuk rasa yang lebih keras, Anda bisa membakar dan sedikit menghancurkan jahenya terlebih dahulu, setelah dipotong.

Akar Manis 

Akar manis atau licorice root, dinilai berpotensi menjadi obat herbal kolesterol. Pasalnya, pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, tanaman ini terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol sekaligus kadar gula darah, dan mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. Hanya saja, belum banyak penelitian yang dilakukan secara klinis pada manusia. Jadi, sebelum menggunakannya, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *