“bjb
Ragam  

4 Tips Sehat Mengkonsumsi Daging Merah yang Wajib Kamu Ketahui

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Daging merah merupakan istilah kuliner yang merujuk kepada daging yang berwarna kemerahan. Oxford dictionary menjelaskan bahwa daging merah umumnya adalah daging sapi, daging domba, daging kambing, dan daging kuda termasuk salah satu asupan protein bagi tubuh.

Daging merah adalah daging yang berasal dari hewan mamalia, seperti kambing, sapi, domba, dan babi. Biasanya daging merah memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi dibanding daging unggas. Bahkan protein dalam daging merah mengandung berbagai vitamin, seperti mineral, zinc, zat besi, fosfor, kalium, dan vitamin B.

Namun ketika seseorang terlalu sering konsumsi daging merah ini akan timbul beberapa penyakit salah  satunya penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular merupakan gangguan kesehatan yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Untuk bisa menghindari penyakit ini, sangat disarankan untuk kita bisa mengkonsumsi daging merah dengan cara yang sehat seperti dibawah ini:

Pilih Daging Merah yang Rendah Lemak 

Cobalah untuk kamu bisa pilih bagian daging yang rendah lemak seperti sirloin, tenderloin, dan flank steak bisa membantu mengurangi konsumsi lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan jantung.

Selain itu, kamu juga bisa menghindari daging dengan banyak lemak atau marbling,Ini dikarenakan bisa meningkatkan kolesterol dan berkontribusi pada risiko penyakit jantung.

Perhatikan Metode Memasak

Memperhatikan metode memasak daging merah juga bisa memengaruhi kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan metode memasak yang digunakan bisa memengaruhi kadar karsinogen pada daging merah

Sebaiknya hindari memasak daging merah dengan cara dipanggang atau digoreng pada suhu tinggi, karena bisa meningkatkan kadar karsinogen.Disarankan untuk memilih cara memasak seperti merebus atau memanggang pada suhu yang lebih rendah.

Perhatikan Potongan Daging yang Diolah

Ukuran porsi daging merah yang berlebihan juga bisa meningkatkan asupan kalori dan lemak. Gunakan ukuran porsi daging merah sekitar 3 ons atau seukuran telapak tangan.

Hal ini bisa membantu menjaga keseimbangan nutrisi dan mengurangi risiko obesitas. Selain itu, jika kamu juga bisa mengimbangi dengan berolahraga dengan rutin. Kegiatan fisik juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Lengkapi Dengan Sayuran 

Mengombinasikan daging merah dengan sayuran bisa meningkatkan asupan serat, vitamin, dan mineral.Sayuran seperti brokoli, kacang hijau, dan wortel bisa membantu menyeimbangkan asupan nutrisi dan memperkaya hidangan.(*)

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *