Ragam  

4 Trik Mengusir Nyamuk Menggunakan Bahan Alami

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Nyamuk adalah jenis serangga yang sangat mengganggu bahkan bisa membahayakan kesehatan seseorang. Gigitan nyamuk bisa menjadi salah satu penyebab penyakit malaria atau DBD yang merupakan salah satu penyakit mematikan. Itulah sebabnya orang berupaya untuk mencari cara mengusir nyamuk dan berharap terhindar dari penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk tersebut.

Baca juga : 4 Tanda Kamu dan Pasanganmu Sudah Siap Menikah

Untuk menekan populasi nyamuk yang ada di lingkungan rumah, agar terhindar dari penyakit yang mematikan ini kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami. Di antaranya sebagai berikut ini :

Kulit Jeruk 

Nyamuk sangat tidak menyukai bau kulit jeruk. Aroma wanginya yang menyengat membuat nyamuk merasa terganggu jika menghirupnya. Itulah sebabnya kita mungkin sering menemukan obat nyamuk yang berbahan dasar kulit jeruk.

Cara menggunakan kulit jeruk untuk mengusir nyamuk adalah menyimpan beberapa potongan kulitnya yang diletakan di beberapa sudut ruangan yang dianggap banyak nyamuknya.

Daun dan Batang Serai

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk cara mengusir nyamuk adalah daun serai dan batangnya. Biasanya kita mungkin menggunakan bahan ini sebagai bahan bumbu di dapur untuk mengolah makanan, namun ternyata bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Daun serai dan batangnya memiliki aroma khas yang tidak disukai nyamuk.

Baca juga : Wajib Coba ! Ini Cara Beriklan di Facebook Ads bagi Pebisnis Pemula

Caranya dengan membakar sebatang serai dan daunnya di dalam ruangan. Asapnya bisa memberikan perlindungan ekstra hingga 50 persen. Atau cara lainnya kamu bisa menumbuk atau menghaluskannya terlebih dahulu agar aromanya keluar. Lalu masukan dalam wadah dan campurkan dengan air dalam botol semprotan sebagai cairan semprotan. Setelah itu cairan tersebut dapat disemprotkan ke ruangan yang dirasa banyak nyamuk bersarang.

Minyak Kayu Putih Lemon 

Ini adalah bahan alami yang sering digunakan oleh kebanyakan orang. Selain untuk menghangatkan tubuh, minyak kayu putih juga bisa jadi bahan alami yang bisa kita gunakan untuk terhindar dari gigitan nyamuk. Bahkan minyak kayu putih juga ampuh untuk menghilangkan rasa gatal dan bentol yang sudah terlanjur tergigit nyamuk.Aroma minyak kayu putih yang khas rupanya tidak disukai nyamuk. Caranya, kamu cukup membalurkan minyak ini ke area tubuhmu yang di serang nyamuk.

Bubuk Kopi 

Kita semua mengetahui bahwa bubuk kopi memang memiliki aroma khas. Aroma yang dimiliki oleh kopi ini sangat tidak disukai oleh nyamuk. Cara menggunakannya, kamu bisa menaburkan bubuk kopi ke dalam genangan air yang terdapat banyak jentik nyamuknya. Hal ini dikarenakan bubuk kopi tersebut dapat menyerap oksigen dan membuat jentik-jentik nyamuk mati karena tidak bisa bernafas. Cara ini bisa kamu pilih selain membersihkan atau menguras air yang ada jentik nyamuknya tersebut.(*)

 

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *