5 Cara Mengobati Flu Agar Tidak Semakin Parah, Simak Ulasannya !

klik dokter

HALOSMI.COM- Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Biasanya flu akan disertai dengan demam bahkan batuk. Flu atau influenza ini sangat umum terjadi di musim pancaroba seperti saat ini. Penyakit ini sangat mudah menular ke orang lain, terutama ketika 3–4 hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi virus flu.

Meskipun tidak bisa disembuhkan dengan obat, segera mengatasi flu yang baru mulai bisa membantu mengurangi risiko gejala berkembang semakin berat, serta mungkin mempercepat penyembuhan.

Adapun cara ampuh untuk mengobati flu agar tidak semakin parah, seperti :

Berkumur Dengan Air Garam

Tidak hanya meredakan nyeri gigi, ternyata berkumur dengan air garam dapan menyembuhkan seseorang yang sedang terkena flu. Seperti yang dijelaskan, biasanya flu sudah termasuk satu paket dengan batuk. Kegiatan ini dapat membantu mengeluarkan dahak, mengurangi peradangan dan meredakan iritasi di tenggorokan bagian belakang. Ini juga dapat membantu membilas bakteri dan virus sehingga dinilai efektif sebagai mengobati flu yang baru mulai.

Minum Banyak Cairan 

Cairan yang dimaksud bukan selalu soal minuman,tetapi juga bisa dari makan sup, air kaldu atau buah-buahan segar. Namun tetap air putih tetap merupakan pilihan yang terbaik. Tubuh membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik, termasuk untuk melawan infeksi. Kekurangan cairan dapat membuat gejala flu semakin parah.

Tidur yang Cukup 

Kurangnya tibur dapat menyebabkan imun kita menjadi lemah sehingga mudah masuknya virus ke dalam tubuh kita. Maka, cara mengobati flu yang baru mulai adalah dengan banyak beristirahat dan tidur yang cukup setiap malam. Saat mulai merasa gejala flu seperti bersin, ingusan, atau mata berair mulai muncul, maka pastikan tubuh mendapatkan durasi tidur yang cukup. Ini akan memberi sistem kekebalan tubuh kesempatan untuk melawan infeksi.

Makan Makanan yang Sehat

Konsumsi lah makanan yang sehat, seimbang, dan bervariasi untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan lebih efektif dalam melawan infeksi. Asupan makanan juga berperan penting dalam mencegah flu yang terjadi bertambah parah.(*)

 

 

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *