“bjb

5 Desember, Memperingati Apa Saja? Ini 4 Momen Pentingnya!

HALOSMI.COM – Berdasarkan kalender Masehi, tanggal 5 Desember jatuh pada hari Selasa, minggu pertama di tahun 2023. Lantas apa saja yang diperingati di tanggal 5 Desember ini?

Terdapat beberapa momen penting yang diperingati pada 5 Desember ini baik dirayakan di Indonesia ataupun di dunia. Tim Halosmi telah merangkumnya untuk anda dan terdapat beberapa momen penting yang terjadi di tanggal 5 Desember. Ini daftarnya!

1. Hari Armada Nasional

Dilansir dari Komando Armada I, Pada tanggal 5 Desember 1966 Koarma, namanya berubah menjadi Komando Armada Samudera (Koarsam) dan Komando Armada Nusantara (Koartar). Koarsam merupakan Kekuatan Strategis ALRI dalam menunjang tugas-tugas pertahanan, sedangkan Koartar merupakan kekuatan kewilayahan yang bertugas untuk mengatasi masalah keamanan di dalam Negeri. Kemudian berdasarkan Instruksi KSAL Nomor 5401.15 Tahun 1970 tanggal 11 Maret 1970 diadakan likuidasi Koarsam dan Koartar yang kemudian dilebur menjadi Komando Armada Republik Indonesia. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, Armada RI membentuk Eskader Barat (Eskabar) dan Eskader Timur (Eskatim).

Pada tahun 1979 Kedua Eskader tersebut dilebur menjadi Eskader Nusantara. Terbatasnya pengadaan suku cadang kapal dan pertimbangan efisiensi komando, kedua komando armada itu kemudian disatukan kembali dalam wadah Armada Republik Indonesia. Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Pangab Nomor Kep/09/P/III/1984 tentang Pokok-pokok Organisasi dan Prosedur TNI AL maka di jajaran Armada RI dibagi dalam dua komando armada, yakni Komando Armada Barat (Koarmabar) dan Koamando Armada Timur (Koarmatim). Hal itu merupakan suatu tindak lanjut dari mulai diberlakukannya UU No 20 tahun 1982 tentang Pokok-pokok Pertahanan Negara, tugas fungsional antara Dephankam dan Mabes ABRI dipisahkan.

Berdasarkan Surat Keputusan Pangab Nomor : SKEP/171/III/1985 tanggal 30 Maret 1985, Armada RI dibagi manjadi dua kawasan wilayah kerja yaitu Armada RI Kawasan Barat dan Armada RI Kawasan Timur. Selanjutnya berdasarkan surat keputusan kasal No.Skep/4033/XI/1987 tanggal 17 November 1987, bahwa hari lahirnya Armada RI ditetapkan pada tanggal 5 Desember, dan selanjutnya disebut sebagai Hari Armada RI

2. Hari Ninja Internasional

Dilansir dari National Today, Pada tahun 2003, Ninja Burger menciptakan Hari Ninja Internasional pada tanggal 5 Desember sebagai cara untuk merayakan “kecepatan” Ninja dalam menyajikan burger mereka. Selain itu, ninja itu luar biasa. Kita semua mencintai mereka dan diam-diam berharap kita menjadi satu. Pada hari ini, kenakan topeng ninja untuk bekerja dan mengganggu rekan kerja Anda dengan sifat ninja dan bintang lempar! Punya hari libur? Berpakaianlah seperti ninja di mal atau berlari liar di jalanan.

Konon tanggal 5 Desember dipilih sebagai Hari Ninja Internasional yang pertama karena film Tom Cruise “The Last Samurai”, yang menampilkan pertarungan ninja-vs-samurai, dirilis pada hari itu. Bertahun-tahun sejak perayaan tersebut berkembang dan mendapatkan pemberitaan secara bertahap, penciptanya memainkan daya tarik yang selalu dimiliki orang Amerika terhadap para pembunuh berpakaian hitam, mulai dari edisi asli “Teenage Mutant Ninja Turtles,” hingga game yang berfokus pada permainan pedang seperti “Dungeons and Dragons” yang ada di atas meja, belum lagi sejumlah film Bruce Lee dan Chuck Norris dari tahun 60an dan 70an.

Namun situs web satir dan motivasi pembuatnya tidak penting: tanggal 5 Desember adalah satu hari dalam setahun di mana Anda tidak akan melihat tatapan aneh saat mengatakan “Haiii-yah!” saat Anda masuk dan mengambil donat dari kotak di ruang pertemuan. Ikuti pertarungan karate palsu, lempar klip kertas seolah-olah itu shuriken, ambil secangkir sake sepulang kerja. Pada Hari Ninja, Anda memegang kunci kekuatan mistik!

3. Hari Cheetah Internasional

Dilansir dari National Today, Hari Relawan Internasional diperingati setiap tanggal 5 Desember. Ini adalah hari yang mengakui upaya para relawan dalam mengubah masyarakat, ekonomi, dan lingkungan. Pada hari ini, anggota masyarakat fokus pada isu-isu yang menjadi perhatian komunitas mereka.

Tujuannya bukan hanya untuk mengajak orang lain menjadi sukarelawan untuk satu hari saja, namun untuk mengubah pola pikir, sikap, dan perilaku masyarakat sehingga mereka menjadi agen perubahan dan bekerja sebagai mitra untuk membangun dunia yang lebih baik. Di dunia ini, pembangunan manusia yang berkelanjutan dan semangat kesetaraan mendasari semua interaksi antara satu sama lain.

4. Hari Ayah Nasional di Thailand

Dilansir dari National Today, Orang Thailand merayakan Hari Ayah Nasional pada tanggal 5 Desember setiap tahun. Ini adalah hari libur nasional di Thailand di mana sekolah dan bisnis tutup. Hari ini merayakan peran sebagai ayah di seluruh negeri. Masyarakat Thailand menghormati dan berterima kasih kepada ayah dan figur ayah mereka atas kontribusi yang mereka berikan terhadap kehidupan anak-anak mereka. Hadiah kecil atau tanda penghargaan biasanya diberikan.

Raja Bhumibol lahir di Massachusetts, Amerika Serikat, pada tanggal 5 Desember 1927. Bhumibol adalah sosok yang patut dikagumi di seluruh Thailand. Ulang tahunnya telah lama ditandai dengan perayaan dan perayaan di seluruh negeri. Ini berfungsi sebagai acara tahunan untuk memperingati mendiang raja yang meninggal pada 13 Oktober 2016.

Pada Hari Ayah Nasional, masyarakat Thailand menghormati ayah dan kakek mereka dengan menghadiahkan mereka bunga ganja, yang menyerupai bunga bakung dan disebut ‘dok phuttha raksa’ (‘ดอกพุทธรักษา’) dalam bahasa Thailand. Ulang tahun Raja Bhumibol di masa lalu dirayakan dengan festival dan acara menyalakan lilin. Di masa lalu, warga Thailand turun ke jalan untuk memberi hormat kepada Raja di hari ulang tahunnya. Orang-orang akan menginap di luar pada malam sebelumnya untuk mendapatkan tempat dan kesempatan untuk mengamati raja ketika dia muncul dan memberikan pidato. Warga Thailand mengenakan kemeja kuning pada perayaan ini, karena kuning adalah warna yang diasosiasikan dengan hari Senin, hari yang sama dengan hari ulang tahun raja pada tahun 1927.

Besarnya perayaan ulang tahun Raja Bhumibol dipastikan telah berlangsung di seluruh Thailand sejak lama. Hal ini dipastikan akan terus berlanjut di masa mendatang.

Nah, itulah momen penting yang dirangkum oleh tim Halosmi bagi referensi untuk menambah wawasan anda.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *