“bjb

5 Februari, Memperingati Apa Saja? Ini 4 Momen Pentingnya!

HALOSMI.COM – Berdasarkan kalender Masehi, tanggal 5 Februari jatuh pada hari Senin, minggu pertama di tahun 2024. Lantas apa saja yang diperingati di tanggal 5 Februari ini?

Terdapat beberapa momen penting yang diperingati pada 5 Februari ini baik dirayakan di Indonesia ataupun di dunia. Tim Halosmi telah merangkumnya untuk anda dan terdapat beberapa momen penting yang terjadi di tanggal 5 Februari. Ini daftarnya!

 

1. Hari Nutella Dunia

Melansir dari National Today, Nutella adalah olesan yang dibumbui dengan hazelnut dan coklat. Pertama kali diperkenalkan di Italia pada tahun 1964, produk ini populer di seluruh dunia. Hari Nutella Sedunia, pertama kali diadakan pada tahun 2007, merupakan gagasan dari penggila Nutella dan blogger Sara Rosso. Penggemar menyukainya. Setiap tahun, pembuat Nutella, Ferrero, memilih satu pecinta Nutella untuk memimpin perayaan tersebut.

Pada tanggal 5 Februari, penggemar Nutella memposting gambar, resep, dan pesan yang menyatakan cinta dan kesetiaan mereka terhadap produk populer tersebut.

 

2. Hari Reiki Hewan Sedunia

Dilansir dari National Today,, Hari Reiki Hewan Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Februari di seluruh dunia. Tujuan dari hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan efek penyembuhan Reiki bagi hewan di seluruh dunia, serta menghormati semua hewan sebagai guru spiritual.

Untuk memperingati Hari Reiki Hewan Sedunia, tempat penampungan hewan, tempat perlindungan, organisasi kesejahteraan hewan lainnya, klinik hewan, kelompok hewan, bisnis terkait hewan, dan individu yang peduli terhadap hewan didorong untuk menyelenggarakan acara Reiki.

 

3. Hari Hak Sipil di Amerika Serikat

Dilansir dari National Today, Hari Pembebasan di San Marino diperingati pada tanggal 5 Februari setiap tahun. Hari libur umum di Republik San Marino, judul lengkap hari libur tersebut adalah Peringatan Pembebasan Republik dari pendudukan Alberonian (1740) dan Pesta St. Agata, santo pelindung, bersama dengan San Marino.

Sesuai dengan judulnya, santo pelindung St. Agatha juga dirayakan pada hari ini. San Marino memiliki sejarah yang menarik. Mengingat ukuran wilayah tersebut yang kecil dan lokasinya di Eropa, sebuah benua yang sering mengalami perebutan kekuasaan politik, republik yang tidak memiliki daratan ini hanya pernah diserang beberapa kali dalam sejarah. Invasi pertama terjadi pada tahun 1503 ketika Cesare Borgia, yang lebih dikenal sebagai ‘Valentino,’ menyerang, mengancam kemerdekaan San Marino hingga rencananya digagalkan oleh kematiannya sendiri pada tahun 1507. Kemudian, 200 tahun kemudian, serangan berikutnya dilakukan oleh Guilio Alberoni, seorang kardinal Italia yang berusaha menaklukkan San Marino.

Ia berencana untuk memperluas basis kekuatan Negara Kepausan di wilayah tersebut, sehingga, pada usia 75 tahun, Alberoni menaklukkan San Marino pada tanggal 17 Oktober 1739. Kepemimpinannya agresif, dan mengingat ia telah menginvasi negara tersebut, rakyatnya tidak bahagia. San Marino memprotes peraturannya dengan mengajukan banding ke Vatikan. Keadilan diminta dari Paus Clemente XII, yang mengakui kedaulatan San Marino, dan memulihkan kemerdekaannya pada tanggal 5 Februari 1740. Hari, 5 Februari, telah didedikasikan untuk Santo Agata atau Agatha sejak abad pertengahan. Agatha adalah seorang martir Kristen terkenal yang dihukum mati karena menolak meninggalkan agama Kristen selama penganiayaan terhadap Decius di Sisilia. Dia telah lama dikenal sebagai santo pelindung San Marino. Hari Pembebasan dirayakan dengan berbagai acara sipil dan prosesi meriah dari kota Borgo Maggiore hingga ibu kota.

 

4. Hari Musik Clash Internasional

Dilansir dari National Today, Hari Clash Internasional jatuh pada tanggal 5 Februari kecuali tanggal tersebut jatuh pada hari Sabtu atau Minggu. Hal ini tidak pernah dirayakan pada akhir pekan, dan tahun ini, diadakan pada tanggal 5 Februari.

Evolusi musik pasca tahun 1977 kita berutang kepada band musik punk-rock The Clash. Band ini mempunyai pengaruh yang luar biasa terhadap reggae, pop, disko, punk, rock, rap, dan bahkan musik dunia. Hari Clash Internasional dirayakan setahun sekali, namun pesan yang disampaikan melalui musik mereka akan tetap hidup selamanya.

 

Nah, itulah momen penting yang dirangkum oleh tim Halosmi bagi referensi untuk menambah wawasan anda.(*

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *