5 Januari, Memperingati Apa Saja? Ini 4 Momen Pentingnya! 

HALOSMI.COM – Berdasarkan kalender Masehi, tanggal 5Januari jatuh pada hari Jumat, minggu pertama di tahun 2024. Lantas apa saja yang diperingati di tanggal 5 Januari ini?

Terdapat beberapa momen penting yang diperingati pada 5 Januari ini baik dirayakan di Indonesia ataupun di dunia. Tim Halosmi telah merangkumnya untuk anda dan terdapat beberapa momen penting yang terjadi di tanggal 5 Januari. Ini daftarnya!

 

1. Hari Jadi Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL)

Melansir dari Kantor Berita RRI, Setiap tahun pada tanggal 5 Januari diperingati sebagai Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL). Kebutuhan akan tenaga wanita dalam kedinasan Angkatan Laut semakin terasa.

Hal itu sejalan dengan pembangunan Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) pada awal dasawarsa tahun 1960-an. Pembentukan Korps wanita dalam jajaran Angkatan Laut berkaitan dengan aspek egisensi.

Yaitu bahwa ada beberapa bidang tertentu yang lebih sesuai dikerjakan oleh kaum wanita sesuai dengan kodratnya. Ide pembentukan sebuah korps wanita Angkatan Laut dicetuskan oleh Komodor Yos Sudarso, direalisasikan oleh menteri/Panglima Angkatan Laut Laksamana RE Martadinata.

Seiring bersamaan dengan dikeluarkannya surat keputusan Men/Pangal No:5401.24 tanggal 26 Juni 1962. Tentang pembentukan Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL).

Surat keputusan tersebut ditindak lanjuti dengan perekrutan dan pendidikan para calon anggota Kowal. Tentunya yang menghasilkan 12 orang Perwira Kowal.

Pelantikan para anggota Kowal pertama tersebut dilakukan oleh Kasal Laksamana Muda RE Martadinata. Pelantikan itu dilakukan di Markas Besar Angkatan Laut jalan Gunung Sahari 67 Jakarta pada tanggal 5 Januari 1963.

Dan tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Kowal. Kedua belas orang Kowal tersebut adalah sebagai berikut:

 

1. Kapten dr. Pinarti

2. Kapten dr. Chrictina Logiani Semiartin

3. Kapten dr. Siti Dahlia

4. Letnan Syamsiar, S.H.

5. Letnan Suryati Rasdan, S.H.

6. Letnan An Go Lian Lie, S.H.

7. Letnan Dra. Ide Rope Darina Tampubolon

8. Letnan Elly Hanifah, S.H.

9. Letnan Dra. Louise Elisabeth Coldenhoff

10. Letnan Dra. Wayan Widja

11. Letnan Sri Wiyati. S.H.

12. Letnan Dra. Suprapti

 

Tujuan dibentuknya Korps Wanita Angkatan Laut adalah:

  • Pertama, untuk memberikan hak, kewajiban dan kehormatan kepada wanita Indonesia. Untuk mengabdikan diri ke dalam bidang kemiliteran.
  • Kedua untuk mengisi jabatan atau kedudukan tertentu dalam organisasi TNI Angkatan Laut dengan tenaga wanita. Dalam rangka kesempurnaan dan efisiensi hasil organisasi.

Sementara itu di Mabes TNI AL beberapa pejabat teras yang terkait telah mulai sibuk memikirkan dan merancang pakaian-pakaian seragam apa. Juga bagaimana yang baik dan cocok bagi Kowal yang akan segera lahir.

Dibentuknya Korps Wanita Angkatan Laut berarti membuka lembaran baru dalam sejarah TNI Angkatan Laut. TNI Angkatan Laut maju selangkah dalam memberikan hak dan kesempatan bagi kaum wanita Indonesia.

 

2. Hari Malam ke Dua Belas

Dilansir dari National Today,, Malam Kedua Belas dirayakan setiap 12 hari setelah Natal, baik tanggal 5 atau 6 Januari, tergantung kapan penghitungan dimulai — Hari Natal atau Boxing Day. Tahun ini jatuh pada tanggal 5 Januari. Ini menandai datangnya Epiphany, sebuah festival Kristen yang memiliki arti berbeda bagi Gereja Timur dan Gereja Barat. Tahukah Anda bahwa William Shakespeare menulis drama berjudul sama dengan Twelfth Night untuk menutup musim Natal.

Beberapa tradisi mengatakan dekorasi Natal harus dibongkar pada Malam Kedua Belas untuk menghindari nasib buruk. Namun jika Anda lupa melakukannya, disarankan untuk menyimpannya hingga Candlemas pada tanggal 2 Februari atau Malam Kedua Belas tahun berikutnya.

 

3. Hari Penulis Skenario Nasional

Dilansir dari National Today, Hari Penulis Skenario Nasional dirayakan pada tanggal 5 Januari sebagai pengakuan atas para penulis yang bekerja keras siang dan malam untuk menghadirkan kepada kita cerita-cerita terbaik, semangat terbaik, dan pesan-pesan luhur yang mengarahkan hati nurani kita. Penulis skenario menangkap imajinasi masyarakat dan jurnalis yang menangkap imajinasi penulis skenario dan menampilkannya ke publik untuk jajak pendapat mengenai kinerja mereka dapat ditemukan di sini.

Pertunjukan dan film yang kita nikmati tidak akan ada artinya tanpa pena dari seorang penulis yang setia. Mari kita hargai para penulis skenario hebat di antara kita dan berjanji untuk memberikan penghargaan yang pantas kepada mereka.

 

4.  Hari Burung Nasional

Dilansir dari National Today, Burung selalu memiliki tempat khusus di hati kita, itulah sebabnya kami merayakannya pada Hari Burung Nasional setiap tanggal 5 Januari! Meskipun burung sangat menakjubkan, mereka juga merupakan kelompok hewan besar yang berada di bawah ancaman tertentu. Dan ungkapan “kenari di tambang batu bara” diambil dari nama burung karena suatu alasan—mereka adalah barometer kesehatan lingkungan di planet kita.

Fakta bahwa begitu banyak spesies burung terancam akibat perdagangan hewan peliharaan ilegal, penyakit, dan hilangnya habitat berarti meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebutuhan burung menjadi semakin penting. Kelangsungan hidup ratusan spesies bergantung padanya!

 

Nah, itulah momen penting yang dirangkum oleh tim Halosmi bagi referensi untuk menambah wawasan anda.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *