Ragam  

5 Negara Ini Dulu Ada Sekarang Hilang dari Peta Dunia, Kemana Ya?

HALOSMI.COM- Pernah Gak Sih Kalian Mikir Gimana ya Kalau Misalnya negara yang kita tahu tiba-tiba hilang dari peta dunia, Nah ternyata hal yang kita pikirkan itu benar terjadi.

Beberapa negara sudah menghilang karena berbagai alasan. Mulai dari konflik bersenjata, perubahan kebijakan politik, dan faktor lainnya.

Penasaran dengan negara-negara yang hilang dari peta dunia? Berikut rangkumannya!

1. Bengal

Nama Bengal biasanya membuat kita teringat akan harimau atau kucing, tetapi dulunya itu adalah sebuah kerajaan independen di Asia.

Melansir Far & Wide, setelah wilayah ini dikuasai oleh Perusahaan Hindia Timur Inggris pada tahun 1757, Bengal menjadi Presidensi Bengal dari Raj Britania.

Britania kemudian memberlakukan pajak yang sangat berat di Bengal sehingga menyebabkan kelaparan berulang dari tahun 1770-an hingga 1940-an. Wilayah ini kemudian dibagi menjadi dua negara terpisah: Bangladesh dan India.

2. Czechoslovakia

Setelah berakhirnya Perang Dunia I pada tahun 1918, Bohemia, Moravia, dan Slovakia digabungkan di Eropa Tengah untuk membentuk Czechoslovakia.

Negara ini merupakan tempat kelahiran berbagai tokoh sastra penting, termasuk Milan Kundera, penulis dari “The Unbearable Lightness of Being,” dan penulis drama Tom Stoppard.

Pada tahun 1989, kekuasaan Komunis berakhir setelah Revolusi Beludru. Segera setelah itu, pada tahun 1993, Czechoslovakia dibagi menjadi dua negara: Republik Ceko (sekarang Czechia) dan Slovakia.

3. Tibet

Tibet adalah sebuah wilayah di Asia Timur yang meliputi sebagian besar dari dataran tinggi Tibet. Dilansir dari ThoughtCo., sejak abad ketujuh, Tibet merupakan negara independen. Namun, Tiongkok menyerangnya pada tahun 1950.

Meskipun Tibet mencoba memberontak, pemerintahan mereka secara resmi dihapus pada tahun 1959. Sekarang Tibet dikenal sebagai Wilayah Otonom Xizang di Tiongkok.

4. Yugoslavia

Kerajaan Yugoslavia dimulai pada tahun 1929. Wilayah ini relatif stabil di bawah Josip Broz Tito.

Namun, ketika Tito meninggal pada tahun 1980, ketegangan etnis yang terpendam muncul ketika ekonomi merosot.

Akhirnya, Slovenia dan Kroasia menyatakan kemerdekaan pada tahun 1991, dan Perang Yugoslavia yang pahit mengakibatkan pembubaran negara tersebut pada tahun 1992.

5. Prusia

Prusia sebenarnya adalah Kerajaan Jerman yang pada puncaknya mencakup dua per tiga bagian utara Jerman modern dan Polandia barat.

Kerajaan ini bertahan melalui perang melawan Napoleon, Denmark, Austria, dan Prancis. Namun, Prusia tidak bisa bertahan melawan perang dunia abad ke-20.

Ketika Jerman dikalahkan dalam Perang Dunia I, monarki Prusia berakhir. Setelah sekutu mengambil kendali Jerman setelah Perang Dunia II, tanah Prusia dibagi-bagi, dan negara yang dulu dominan ini sepenuhnya dihapuskan.

Itulah 5 negara yang telah hilang dari peta dunia. Gimana pendapat kamu mengenai peristiwa ini, guys?

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *