Air Kelapa Bisa Jadi Obat Jerawat, Benar Kah?

HALOSMI.COM – Air kelapa menjadi salah satu bahan alami yang memiliki beragam manfaat. Satu diantara informasi manfaat air kelapa yang beredar di masyarakat adalah dapat mengobati jerawat. Benarkah?

Sebuah studi pendahuluan menunjukan bahwa air kelapa memiliki sifat antimikroba yang bisa membantu mengatasi jerawat. Dilansir dari Healthline, studi itu dilakukan pada 2017.

Meski begitu, seorang dokter kulit di New York, dr Hayang, menjelaskan belum ada bukti signifikan soal opini tersebut.

BACA JUGA: Ricuh Suporter PSIS, Polisi Terpaksa Tembakan Gas Air Mata

Hingga saat ini belum ada bukti signifikan yang mengarahkan ke opini bahwa air kelapa secara topikal dapat bermanfaat untuk mengatasi jerawat, bercak hitam, jaringan parut jerawat, dan pigmentasi kulit.

Kendati demikian, dr Hayang mengatakan air kelapa bisa digunakan untuk perawatan kulit bersama bahan lain.

Ahli lainnya, Diane Madfes, mengatakan air kelapa bisa jadi pilihan yang baik untuk mempercepat penyembuhan. Meski begitu asisten profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran Mount Sinai ini menegaskan air kelapa tidak akan membantu menghilangkan bekas luka jerawat.

BACA JUGA: Penjelasan MUI Soal Kehalalan Mixue Ice Cream & Tea

Soal penggunaan air kelapa secara topikal, masih sangat sedikit penelitian tentang hal tersebut. Mungkin air kelapa lebih bermanfaat jika diminum, daripada mengoleskannya secara langsung ke kulit.

Berkat banyaknya elektrolit dan antioksidan yang terkandung dalam air kelapa, mengonsumsinya bisa bermanfaat bagi kulit. Perlu diingat bahwa memiliki keseimbangan elektrolit dalam tubuh membuat tubuh terhidrasi dan sangat penting untuk banyak fungsi tubuh.

Kekurangan cairan juga dapat menyebabkan kulit kering, gatal, dan garis-garis halus. Jadi, tetap terhidrasi sangat penting untuk menghindari efek buruk ini.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *