“bjb
Ragam  

Alasan Bunga Pinjol Lebih Tinggi Dari Bunga Bank!

HALOSMI.COM- Pinjaman online atau bisa disebut dengan pinjol belakangan ini menjadi sorotan ya, pasalnya bunga pinjol jauh lebih besar dibanding bunga bank. Ko bisa ya, mari kita simak alasan bunga pinjol lebih tinggi di bandingkan bank.

Jika dibandingkan dengan bunga lembaga keuangan lainnya, bunga pinjol per tahun memang terbilang sangat tinggi. Dengan bunga 0,4 persen per hari, bunga pinjol per tahun bisa mencapai 144 persen atau 1,4 kali dari pokok pinjaman. Angka ini jauh lebih besar daripada KTA (Kredit Tanpa Agunan) bank yakni berkisar 10 hingga 25 persen per tahun.

Melansir dari laman resminya, Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) antara lain:

1. Risiko tinggi

Adanya risiko tinggi ini disebabkan oleh kenyataan bahwa platform fintech pinjaman online harus menghadapi risiko yang besar, terutama dalam hal pembayaran kredit yang macet oleh nasabah.

Dana yang dipinjamkan melalui layanan fintech lending diperoleh dari individu atau perusahaan yang meminjamkannya kepada peminjam untuk berbagai keperluan.

Jika peminjam gagal membayar, risiko terbesar akan ditanggung oleh platform fintech tersebut.

2. Kemudahan yang ditawarkan

Fintech pendanaan menyediakan proses yang sangat praktis dan mudah dalam memberikan pinjaman.

Para calon peminjam, misalnya, hanya perlu menunjukkan KTP atau kartu identifikasi lain dan mengisi informasi pribadi melalui aplikasi untuk meminjam dana.

Selain itu, pinjaman dari fintech pendanaan sangat terbuka. Sasaran dari platform ini adalah masyarakat yang tidak mampu menjangkau pinjaman dari bank karena kondisi apa pun, seperti pedagang kecil, UMKM, dan lain sebagainya.

Apalagi, layanan keuangan dari fintech pendanaan tidak memerlukan jaminan aset seperti yang sering dibutuhkan oleh bank, seperti tabungan atau deposito di bank yang sama, atau kepemilikan aset seperti rumah atau tanah. Tidak adanya persyaratan ini berkontribusi pada tingginya bunga pinjaman online.

3. Tenor pendek

Tenor pinjaman juga berperan dalam menentukan besarnya bunga pinjaman. Pinjaman online umumnya memiliki jangka waktu yang relatif singkat, biasanya dalam hitungan bulan, dan tidak mencapai beberapa tahun seperti yang umumnya ditemui dalam pinjaman bank.

Hal ini juga berdampak pada besaran bunga pinjaman online yang akan dikenakan. Selain itu, jumlah pinjaman juga berpengaruh, semakin besar pinjaman, semakin tinggi pula bunga yang akan diterapkan.

Jadi itu alasannya kenapa bunga pinjol tinggi ya guys, jangan tergiur dengan pinjol ya!!!

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *