Antisipasi Kepadatan Arus, Ruas Jalan Ahmad Yani Diberlakukan CB Buka Tutup

HALOSMI.COM – Ruas Jalan Ahmad Yani merupakan pusat perbelanjaan di wilayah Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Seperti di tahun-tahun sebelumnya, menjelang hari raya Idul Fitri 1444 hijriah, ruas jalan tersebut pasti akan terjadi kepadatan. Terlebih lagi, lebar ruas jalan yang kini diperkecil karena ada pedestrian, sehingga menyebabkan ruas jalan tersebut dipastikan akan terjadi kepadatan.

Guna mengantisipasi terjadinya kepadatan arus di ruas jalan tersebut, jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi Kota, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi melalui Dinas Perhubungan (Dishub) saat ini memberlakukan cara bertindak (CB) buka tutup di ruas jalan tersebut.

Kasatlantas Polres Sukabumi Kota, AKP Eryda Kusuma, mengatakan pihaknya setiap hari memberlakukan CB buka tutup di ruas Jalan Ahmad Yani secara situasional apabila terjadi kepadatan. Kendati demikian, apabila ruas jalan tersebut sudah kembali landai, maka pihaknya tidak memberlakukan CB buka tutup.

“Jadi apabila dirasa sudah padat, maka kita akan laksanakan CB buka tutup. Nanti kita mendapat laporan dari pospam city mall, apabila diruas jalan itu sudah agak landai, maka langsung akan kita lakukan normal kembali,” ujar Eryda, kepada HALOSMI.COM, Selasa 18 April 2023.

Selain CB buka tutup, kata Eryda, pihaknya juga akan memberlakukan CB empat serangkai, yang nantinya semua ruas jalan dan kendaraan akan diberlakukan satu arah. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kepadatan arus pada saat H-1 Idul Fitri atau malam takbir.

“CB empat serangkai kita akan melaksanakan pada saat malam takbiran, yaitu seluruh kendaraan kita akan berlakukan satu arah,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, mengatakan Pemkot Sukabumi sudah mempersiapkan rekayasa arus lalu lintas yang sudah disepakati dengan pihak Polres Sukabumi Kota dan Dinas Perhubungan (Dishub). Hasil kesepakatan itu yakni, ada ruas-ruas jalan yang akan diberlakukan buka tutup, salah satunya Jalan Ahmad Yani.

“Jadi ini sebagai salah satu bagian kita menahan jangan sampai terjadi kepadatan di salah satu ruas jalan, sehingga betul-betul manajemen rekayasanya kita perkuat,” singkatnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *