Ragam  

Awas! 4 Kebiasaan ini Sering Dilakukan Orang Diet yang Bisa Memicu Penyakit Serius

Foto : Doc. Klik Dokter

HALOSMI.COM- Selain pola makan banyak juga kebiasaan-kebiasaan yang kita rubah demi untuk menurunkan berat badan. Tanpa disadari bahwa ternyata ada beberapa hal yang justru itu sangat membahayakan kesehaatanmu.

Biasanya saat diet, banyak orang melakukan sesuatu secara berlebihan atau mengikuti tips-tips yang sedang tren tanpa tahu atau memperhatikan efek sampingnya. Dikutip dari detikFood, ini dia empat kesalahan yang sering dilakukan saat diet yang bisa picu penyakit.

Minum Susu Rendah Kalori 

Susu juga biasa dikonsumsi oleh para pelaku diet, namun ada orang yang tidak cocok mengonsumsi susu. Sehingga susu dapat menyebabkan jerawat pada beberapa orang. Hormon pertumbuhan dalam produk susu dapat menyebabkan peradangan, menyumbat pori-pori, dan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, konsumsi susu harus dikurangi selama diet.

Olahraga Berlebihan 

Dikutip dari Healthline, olahraga berlebihan tidak berkelanjutan bagi kebanyakan orang dalam jangka panjang dan dapat menyebabkan stres. Selain itu, dapat berdampak negatif pada hormon endokrin yang membantu mengatur fungsi seluruh tubuh kamu.

Mencoba memaksa tubuh kamu untuk membakar lebih banyak kalori dengan berolahraga terlalu banyak tidak efisien dan juga tidak sehat. Meskipun olahraga dapat melemahkan massa otot dan memperlambat metabolisme. Di sisi lain, olahraga berlebihan tidak sehat dan tidak efektif serta dapat menyebabkan stres.

Terlalu Banyak Konsumsi Buah 

Buah-buahan merupakan salah satu makanan yang baik saat menurukan berat badan. Konsumsi buah-buahan dianjurkan karena mengandung banyak serat yang dapat meningkatkan metabolisme. Karena itu, lemak tubuh bisa dibakar.

Namun, porsinya juga harus diperhatikan! Jangan konsumsi terlalu banyak, sebab dapat meningkatkan gula darah. Makan terlalu banyak buah dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, penurunan berat badan dan kadar insulin yang tinggi.

Konsumsi Makanan Kemasan Rendah Lemak 

Banyak pelaku diet lebih memilih makanan kemasan yang rendah lemak. Padahal, makanan berlabel tersebut sebenarnya mengandung zat aditif yang tidak sehat. Makanan yang mengandung lemak sehat sangat baik untuk dikonsumsi saat diet. Tujuannya untuk meningkatkan kesehatan kulit, menstabilkan gula darah dan meningkatkan kesehatan otak.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *