Bahaya ! Jangan Pernah Minum Teh di Barengi dengan Makanan ini

Antara News Foto

HALOSMI.COM- Minum teh hangat di pagi ataupun sore hari adalah hal yang sangat nikmat dilakukan. Akan lebih nikmat rasanya jika minum segelas teh dengan ditemani oleh kudapan lain. Sayangnya, tidak semua makanan cocok dinikmati bersama teh. Ada makanan yang sebaiknya dihindari karena berbahaya jika di konsumsi bersama teh, berikut diantaranya :

Lemon 

Biasanya buah lemon selalu dicampurkan dengat teh dan dijadikan sebagai minuman diet. Mungkin minuman ini aman di konsumsi oleh sebagian orang yang tidak memiliki kondisi perut yang sensitif. Namun ini akan menjadi sangat berbahaya bagi mereka yang punya perut sensitif terhadap asam.

Teh yang dikonsumsi bersama lemon bisa membuat minuman tersebut menjadi lebih asam sehingga mampu menyebabkan perut kembung. Campuran tersebut juga bisa menyebabkan masalah refluks asam dan mulas saat dikonsumsi pagi hari.

Makanan Dingin 

Mengkonsumsi makanan yang memiliki dua suhu berbeda secara bersamaan dapat melemahkan proses pencernaan sehingga menyebabkan gejala seperti mual. Inilah sebabnya para ahli menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan dingin setidaknya dalam 30 menit setelah minum teh hangat.

Makanan dingin mungkin enak dimakan bersama dengan teh yang hangat. Tetapi, kedua kombinasi ini bukanlah ide yang tepat karena dapat menyebabkan gangguan proses pencernaan.

Makanan yang di Goreng 

Gorengan adalah makanan yang dirasa sangat cocok jika kita padukan dengan teh hangat di pagi hari. Namun hal ini ternyata membahayakan. Hal ini dikarenakan bisa menyebabkan efek samping pada sebagian orang. Makan gorengan dengan tepung mampu menyebabkan masalah pencernaan. Kombinasi ini juga mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap sejumlah nutrisi.

Seperti yang diketahui, makanan yang digoreng juga cenderung tinggi lemak dan kolesterol. Jika dikombinasikan dengan minuman berkafein, bisa jadi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh juga ikut meningkat.

Makanan yang Memiliki Zat Besi 

Makanan yang mengandung zat besi mungkin diperlukan untuk kesehatan tubuh. Namun mengonsumsinya bersamaan dengan teh bukanlah ide yang baik.

Teh merupakan minuman yang mengandung tanin dan oksalat yang dapat menghalangi penyerapan zat besi dari makanan yang mengandung zat besi. Senyawa tersebut mampu mengikat zat besi yang terkandung dalam sayuran tersebut dan mencegah penyerapannya dalam darah.

Beberapa makanan mengandung zat besi yang harus dihindari mulai dari kacang-kacangan, sayuran hijau seperti brokoli, kale, bayam, dan makanan laut.(*)

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *