“bjb
Ragam  

Begini Cara Cepat Hilangkan Koreng Bekas Luka di Kaki yang Sulit Hilang

Foto : Doc. indiffs

HALOSMI.COM- Bekas luka di kaki bisa menjadi masalah estetika yang mengganggu bagi beberapa orang. Ada berbagai faktor yang berpengaruhi bekas luka tidak bisa hilang, misalnya jenis luka, tingkat keparahan luka, dan perawatan luka. Menurut para pakar kesehatan kulit, beberapa luka memang sulit atau tak bisa hilang karena tubuh tak menganggap hilangnya bekas luka sebagai bagian dari penyembuhan. Selama luka sudah tertutup rapat oleh kulit baru, proses penyembuhan telah selesai meski ada bekasnya.

Salah satu jenis bekas luka di kaki yang kerap terjadi adalah koreng. Koreng adalah kerak yang kering dan kasar yang terbentuk di atas luka. Koreng melindungi luka di kulit selama proses penyembuhan dan akan hilang sendiri tanpa perawatan apa pun. Maka, agar koreng cepat hilang, proses penyembuhan pun harus dipercepat. Berikut ini caranya:

1. Jaga kebersihan

Pastikan koreng dan kulit di sekitarnya tetap bersih. Bila luka terkena keringat atau pasir, cuci secara lembut dengan air hangat dan sabun yang ringan, lalu tepuk-tepuk kulit agar cepat kering. Jangan memegang koreng kecuali perlu untuk menghindari risiko masuknya kuman ke luka.

2. Hindari mengelupas koreng sendiri

Koreng bisa menimbulkan rasa gatal sehingga timbul keinginan untuk menggaruk dan mengelupasnya sendiri. Pengelupasan paksa koreng bisa menghambat penyembuhan dan justru membuat bekas luka sulit hilang. Selain itu, ada risiko perdarahan dan infeksi. Untuk meredakan rasa gatal, tekan koreng dengan lembut menggunakan kain bersih, bisa basah ataupun kering.

3. Gunakan kompres

Kompres area yang luka dengan kain hangat untuk meningkatkan sirkulasi darah. Darah yang mengandung oksigen dan sel bisa mempercepat penyembuhan. Adapun kompres dingin bisa digunakan untuk meredakan peradangan dan nyeri.

4. Jaga kelembapan

Untuk mempercepat pemulihan kulit yang rusak, luka harus dijaga tetap lembap. Gunakan minyak esensial untuk menjaga kelembapan area luka.

5. Perban hanya jika perlu

Koreng semestinya dibiarkan terbuka agar tidak menghambat proses penyembuhan. Tapi kadang luka yang bernanah atau berdarah perlu diperban. Begitu pula bila hendak beraktivitas fisik, seperti berolahraga. Untuk hal ini, luka koreng bisa diperban tapi segera lepas seusai kegiatan dan ganti perban secara rutin setiap beberapa jam sekali.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *