“bjb

Begini Cara Menghindari Kebiasaan yang Bikin Aki Motor Cepat Soak

Ilustrasi aki sepeda motor. Foto: Istimewa.
Ilustrasi aki sepeda motor. Foto: Istimewa.

HALOSMI.COM – Peran aki untuk sepeda motor keluaran baru cukup krusial. Jika tak diperhatikan kondisinya bisa mengakibatkan aki soak lebih cepat dari masa pakai. Bahkan efeknya bisa tiba-tiba motor mati dan tidak bisa dihidupkan.

Makin repot lagi ketika hal tersebut terjadi di tengah rutinitas yang padat. Maka dari itu, kesehatan dan kondisi aki harus selalu diperhatikan oleh penggunanya. Aki yang sudah soak akan menunjukkan tanda-tanda harus segera diganti.

Area Service Sparepart Mekar Motor, Mamal Syahrudin, mengatakan jika kondisi aki sudah lemah, biasanya akan menunjukkan berbagai gejala.

“Pertama motor sulit di starter (tidak bisa menyala), mesin susah hidup. Kemudian, panel lampu speedometer redup, lampu sein reduk, klakson tidak bisa berbunyi, ada bunyinya tapi suaranya kecil,” kata Mamal, dikutip dari kompas, Rabu 4 Oktober 2023.

Ia menambahkan, ada sejumlah kebiasan biker yang membuat aki soak lebih cepat dari masa pakai, seperti halnya handle rem dipegang terus menerus, adanya korsleting dari kabel-kabel, sampai pengisian aki yang tidak normal.

“Memang ada beberapa penyebab yang bisa bikin aki cepat soak, salah satunya seperti pengisian aki yang tidak normal,” ucapnya.

Tak hanya itu, menurutnya, pemilik kendaraan yang jarang menggunakan sepeda motor juga akan membuat usia aki menjadi lebih pendek dari seharusnya. Umumnya masa pakai aki sepeda motor sekitar 1,5 tahun sampai 2 tahun paling lama.

“Jarang memakai sepeda motor, berakibat tidak adanya sirkulasi pengecasan. Selain itu, aki soak juga bisa ditandai dengan tegangan baterai dibawah 10V,” tandasnya.

Sebagai upaya pencegahan, ada baiknya pemilik motor tidak lupa untuk melakukan perawatan terhadap sepeda motornya secara berkala. Semakin sering perawatan motor dilakukan maka pengecekan kondisi aki juga akan dilakukan. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *