“bjb
Tekno  

Begini Cara Mudah Membuat Blog Pribadi Khusus Untuk Pemula

Foto : Doc. Catatan Daniel

HALOSMI.COM- Blog merupakan singkatan dari WeBlog yang artinya jenis situs web yang menyerupai tulisan- tulisan pada halaman web, biasanya disusun diurutkan secara kronologis (waktu kejadian) mulai dari postingan yang terbaru berada di bagian atas halaman utama (halaman depan / homepage) diikuti postingan paling lama dibawahnya.

Selain itu, sekarang ini blog juga menjadi sumber penghasilan bagi beberapa orang. Namun masih banyak orang yang masih bingung mengenai cara membuat blog khususnya bagi pemula. Berikut ini cara mudah membuat blog pribadi khusus yang bisa kamu lakukan untuk pemula :

1. Tentukan Isi Blog

Sebelum kamu memulai untuk mendaftarkan akun blog kamu, yang paling penting adalah menentukan isi blog. Dengan demikian kamu akan fokus membahas topik tertentu pada lamanmu sendiri. Bisa dengan topik kuliner atau yang lainnya.

Karena sesungguhnya ada 2,73 juta konten baru yang dimunculkan oleh blog di seluruh dunia, tetapi hanya mendapatkan view yang kurang dari 5.000 per bulannya atau sekitar 150 view per harinya.

Hal tersebut karena tulisan yang dibuat pada blog isinya tidak jelas. Entah karena penulisannya ataupun topiknya. Misalnya blog kamu sebenarnya berisi info kuliner, tetapi juga membahas handphone keluaran terbaru. Oleh karena itu, kamu harus fokus begitu menentukan topik dan isi dari blog.

2. Tentukan Platform Terbaik untuk Blog 

Setelah memikirkan isi dari blog, langkah selanjutnya bisa dengan memilah platform mana yang tepat buat blogmu. Apakah WordPress, Blogspot, atau ada pilihan lain? Hal ini akan berkaitan dengan bagaimana pengoperasian dasbor sehari-harinya. Kalau kamu lebih akrab dengan WordPress ya, pilih saja platform tersebut.

Satu hal yang pasti, untuk membuat blog dengan mudah yang perlu diingat adalah kamu ingin menuangkan tulisan saja. Ya, karena pada versi hosted beberapa fitur tentunya dikunci. Jadi, kamu tidak bisa melakukan optimasi SEO misalnya.

3. Buat Akun Blog-mu

Kemudian setelah menentukan platform mana yang tepat, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Isi data pribadi pada kolom yang tersedia. Lalu isi nama akun beserta password untuk login ke akunmu.

Jangan gunakan nama akun dan password yang sulit diingat. Karena kamu bisa saja lupa setelah mengisinya. Usahakan isi yang berkaitan. Untuk password gunakan angka dan huruf kapital, seperti P4SsW0rd!

4. Tentukan Tema untuk Tampilan Blogmu

Bila kamu sudah membuat akun blog-mu, selanjutnya pilih tema yang akan dipakai. Tema dalam hal ini berkaitan dengan visual yang akan kamu pakai untuk tampilan blog. Jadi, luangkan sedikit waktu untuk memilih tema yang tepat.

Meskipun blog merupakan buku harian, kamu harus menyelaraskan antara tema dengan topik yang dipilih. Jangan kamu memilih tema musik untuk blog yang nantinya berisikan tentang makanan.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *