“bjb

Begini Desain Surat Suara Untuk Pilpres 2024 yang Dirilis KPU

KPU merilis desain surat suara untuk Pilpres 2024. Foto: Arsip KPU.
KPU merilis desain surat suara untuk Pilpres 2024. Foto: Arsip KPU.

HALOSMI.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merilis contoh desain surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Terdapat tiga kotak berisi foto masing-masing pasangan Capres-cawapres dengan latar belakang berwarna merah putih. Semuanya diposisikan sesuai nomor urut masing-masing.

Pada kotak pertama ada pasangan nomor urut satu, yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Keduanya menggunakan kemeja putih dibalut jas hitam. Pada jas mereka terpampang tulisan AMIN.

Dengan raut muka tersenyum, Anies dan Imin tampak mengangkat tangan seperti sedang menyapa. Keduanya juga sama-sama menggunakan peci hitam.

Kemudian di kotak tengah ada pasangan nomor urut dua, yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Mereka menggunakan kemeja berwarna biru muda.

Kemeja itu sama dengan yang mereka kenakan saat mendaftar sebagai peserta pemilu ke KPU. Tak ada atribut lain yang Prabowo dan Gibran pakai. Mereka juga hanya berpose tersenyum tanpa terlihat gigi.

Pada kotak terakhir, ada pasangan nomor urut tiga yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Keduanya tampak senyum hingga terlihat barisan gigi.

Ganjar dan Mahfud menggunakan kemeja yang berbeda. Ganjar menggunakan kemeja berwarna hitam, sementara Mahfud berwarna putih.

Komisioner KPU, Idham Holik, menyebut foto setiap paslon sepenuhnya menjadi kewenangan para Capres-cawapres. Dia mengatakan, KPU hanya memberikan batasan foto Capres-cawapres dalam surat suara harus sopan.

“Mereka memang kita berikan ruang kebebasan untuk memilih foto-foto terbaik menurut beliau-beliau,” ujar Idham, dikutip dari CNN Indonesia, pada Kamis, 30 November 2023.

Pada setiap masing-masing kotak, terdapat pula logo partai yang mengusungnya. Logo partai itu berada tepat di bawah foto setiap paslon.

Pada kotak nomor urut satu misalnya, ada logo NasDem, PKB dan PKS. Kemudian kotak nomor urut dua ada Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, PBB dan Partai Garuda. Lalu kotak nomor urut tiga, terdapat logo partai PDIP, Hanura, PPP dan Perindo. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *