Bentuk Apresiasi Naskah Akademik Hari Jadi, Persib Bandung Gelar Festival #WeArePERSIB

PT Persib Bandung Bermartabat mengadakan festival #WeArePERSIB di GOR C-Tra Arena Cikutra, pada Jumat kemarin, 5 Januari 2024. Foto: MOPersib.
PT Persib Bandung Bermartabat mengadakan festival #WeArePERSIB di GOR C-Tra Arena Cikutra, pada Jumat kemarin, 5 Januari 2024. Foto: MOPersib.

HALOSMI.COM – PT Persib Bandung Bermartabat mengadakan festival #WeArePERSIB di GOR C-Tra Arena Cikutra, pada Jumat kemarin, 5 Januari 2023. Hal itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Tim Peneliti Hari Jadi Persib Bandung yang sudah diserahkan hasil risetnya pada 17 Desember 2023 lalu.

Diketahui, naskah akademik itu diterima CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Glenn T. Sugita dari Ketua Tim Peneliti Hari Jadi Persib, Kunto Sofianto.

Wakil Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Komjen Pol. (Purn) Rudy Sufahriadi, dalam kesempatan tersebut menggelar doa bersama sekaligus menyerahkan santunan kepada mantan pemain Persib, beasiswa buat keluarga legenda dan pemain akademi Persib berprestasi.

“Kita semua bersyukur masih bisa merawat dan menjaga nama besar Persib hingga saat ini. Sepanjang sejarah, Persib juga telah melalui berbagai hal yang tak lepas dari dukungan dan jasa banyak pihak. Karena itu, kami pun berterima kasih kepada mereka yang telah berjasa merawat dan mempertahankan nama besar Persib,” ujar Rudy, melansir laman resmi klub, pada Sabtu, 6 Januari 2024.

Sementara itu, CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Glenn T. Sugita, menjelaskan naskah akademik hari jadi Persib berawal dari keresahan publik, terutama jurnalis dan para pegiat literasi, yang ditangkap oleh tim peneliti. Oleh tim peneliti, keresahan publik itu dikomunikasikan dengan PT Persib Bandung Bermartabat.

“Tim peneliti merekomendasikan untuk segera melakukan riset dan hal itu disetujui Persib,” kata Glenn.

Namun, kata dia, sebelum melakukan riset, Persib dan tim peneliti melakukan beberapa kali Focus Group Discussion (FGD) dengan banyak kalangan, dari mulai tokoh masyarakat seperti mantan Ketua Umum Persib di era amatir, H. Dada Rosada, budayawan, sejarawan, pegiat literasi, jurnalis, perwakilan bobotoh, PSSI Jawa Barat dan PSSI Kota Bandung.

“Setelah menghimpun pandangan dan pendapat dari pihak-pihak terkait, tim peneliti semakin mendalami risetnya. Hasil riset, tim peneliti menemukan beberapa titimangsa yang menjadi opsi hari jadi Persib. Namun, data yang dianggap kuat sebagai cikal bakal embrio Persib adalah di tanggal 5 Januari 1919,” jelas Glenn.

Usulan tanggal 5 Januari 1919 itu didasarkan pada fakta sejarah bahwa BIVB sebagai cikal bakal embrio Persib merupakan satu dari tujuh bond pendiri PSSI pada 19 April 1930.

“Melihat fakta sejarah ini, logikanya kelahiran Persib sebelum pendirian PSSI. Hal itu juga sama seperti penetapan tanggal kelahiran enam bond pendiri PSSI lainnya. Pada saat pendirian, kecuali PSM Mataram, semuanya masih menggunakan nama cikal bakal klub yang berbahasa Belanda. Mereka baru berubah pada tahun 1950-an,” bebernya.

Keenam bond pendiri PSSI lainnya yaitu Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM) yang berubah menjadi PPSM Magelang pada tahun 1930, Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB) yang menjadi Persis Surakarta pada 12 Mei 1933, Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB) yang menjadi Persibaya pada 1943 dan Persebaya (1959), Voetballbond Indonesia Jacatra (VIJ) menjadi Persija pada 1950, Madioensche Voetbal Bond (MVB) menjadi PSM Madiun pada 1930 dan PSM Mataram menjadi PSIM Yogyakarta pada 27 Juli 1930.

Dijelaskan, kendati Persib merupakan hasil fusi dua bond, tim peneliti berpendapat, hari lahir bisa ditetapkan dari pendirian bond cikal bakal embrio Persib.

“Mau tanggal berapapun hari lahir Persib, sebenarnya kita tidak ada masalah. Namun, penelitian ini perlu dilakukan karena kita ingin meluruskan dan mencari kebenaran sejarah hari lahir Persib” tegasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *