Berikut Gaji Paskibraka Nasional, Provinsi dan Kabupaten Tahun Ini

Paskibraka. Foto: dok Wikipedia.
Paskibraka. Foto: dok Wikipedia.

HALOSMI.COM – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merupakan kelompok pemuda-pemudi terpilih dari seluruh Indonesia yang memiliki tugas mulia dalam mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih, di upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus.

Pengibaran bendera merah putih menjadi momen yang paling dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia. Paskibraka yang bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera di Istana Negara ini merupakan putra-putri terbaik yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

Untuk menemukan Paskibraka terbaik tidaklah mudah, banyak persyaratan yang harus terpenuhi dan proses seleksi yang sangat ketat. Proses seleksi akan dilakukan mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, sampai akhirnya mendapatkan wakil terbaik untuk mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih.

Melansir Insertlive, Senin 14 Agustus 2023, berikut gaji bagi Paskibraka Nasional, provinsi, hingga kabupaten/kota.

Gaji Paskibraka Nasional

Gaji paskibraka nasional yaitu Rp 3 hingga Rp 10 juta, dan juga mendapat sertifikat. Mereka juga berpeluang mendapatkan beasiswa dan bonus lainnya.

Gaji Paskibraka Provinsi

Pada tahun 2022, gaji Paskibraka provinsi sebesar Rp 1.5 juta per orang. Pemberian gaji Paskibraka ini sudah sesuai Satuan Standar Harga (SSH). Bahkan, Paskibraka juga diberikan uang pengganti transportasi selama masa pelatihan.

Keuntungan lain yaitu mendapatkan sertifikat yang berguna untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Gaji Paskibraka Kabupaten/Kota

Gaji Paskibraka kabupaten/kota berkisar Rp 500 ribu-Rp 1,5 juta, besarnya gaji Paskibraka Kabupaten tiap daerah akan berbeda-beda. Gaji Paskibraka tersebut pun berpotensi meningkat setiap tahunnya. Hal itu, disesuaikan dengan ketentuan masing-masing Pemerintahan Daerah.

Selain gaji Paskibraka yang didapatkan dan dapat dinikmati secara langsung, biasanya Paskibraka Nasional, provinsi, dan kabupaten/kota akan mendapat beberapa bonus. Diantaranya, Beasiswa Pendidikan Akmil atau Akpol, liburan di dalam negeri, dan liburan di luar negeri. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *