“bjb

Berikut Ini Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Mie

HALOSMI.COM- Mie Instan adalah Makanan Favorit banyak orang, bahkan makanan ini menjadi menu wajib saat musim hujan. Dengan banyak varian rasa kuah dan goreng yang sangat menggugah selera.

Biasanya, banyak orang gemar menyantap mie instan dipadukan dengan berbagai makanan lainnya, seperti telur, sosis, sayur-sayuran, keju, hingga nasi.

Namun, rupanya, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan mie instan, nih, Beauties. Alasannya, bisa berbahaya bagi kesehatan!

Kira-kira makanan apa saja?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

Nasi

Tak sedikit orang Indonesia yang menganut prinsip, “belum makan kalau belum makan nasi”. Hal ini berlaku pula ketika menyantap mie instan, yang sering kali dipadukan dengan nasi putih.

Perlu dipahami, mie dan nasi sama-sama karbohidrat. Kombinasi keduanya bisa memicu obesitas karena memiliki kalori tinggi, Beauties.

Menurut Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Siloam Hospital, dr Vito Damay, SpJP(K), MKes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC, kebiasaan makan mi instan dicampur nasi bisa memicu timbulnya hipertensi. Hal ini karena kurangnya serat di tengah karbohidrat berlebih dari mie instan dan nasi.

“Karena nasi saja dengan campur mi instan berarti kan memang karbohidrat berlebihan, gizi lain yang kurangnya misal seratnya nggak ada, proteinnya nggak ada, namun malah tinggi garam kalau dicampur semua bumbu-bumbunya juga menyebabkan risiko hipertensi,” 

Jika kamu terpaksa mengonsumsi mie instan dicampur nasi karena tidak ada lauk lain yang tersedia, kamu bisa mengakalinya dengan aktivitas fisik. Olahraga mampu membakar kalori dan mencegah orang mengalami obesitas.

Kerupuk

Kerupuk menjadi salah satu makanan pendamping favorit masyarakat Indonesia. Gurih dan renyah, makanan ringan ini sangat cocok untuk jadi teman makan, tak terkecuali mie instan.

Namun, berlebihan makan mie instan dan kerupuk berisiko memicu gangguan metabolisme.

Metabolic syndrome, demikian para ahli menyebutnya, adalah akar penyakit diabetes serta gangguan jantung dan pembuluh darah, yang banyak diidap generasi masa kini.

Jumlah kandungan kalori, karbohidrat, dan lemak dalam mi instan dan kerupuk ternyata nyaris sama. Jika kamu mengonsumsi keduanya secara bersamaan dan berlebihan, bisa memicu obesitas dan overweight yang terkait dengan gangguan metabolisme.

Selain itu, hindari pula mengonsumsi mie instan dengan gorengan, makanan tinggi MSG, dan makanan cepat saji lainnya untuk menghindari timbulnya penyakit.

Telur dan Nasi

Selain nasi, telur juga menjadi makanan favorit yang sering disantap bersama dengan mie instan. Mulai dari telur ceplok, orak-arik, rebus, hingga setengah matang. Tak jarang, ada pula yang suka menyantap mie instan, nasi, dan telur di saat bersamaan.

Kombinasi ketiganya rupanya tidak disarankan untuk dikonsumsi, Beauties. Alasannya pun sama, yaitu karena makanan ini memiliki kalori tinggi dan bisa menyebabkan obesitas.

“Mi dan telur saja kalorinya sudah hampir 500, ada sekitar 496 kkal. Ditambah nasi misal satu centong perkiraan ada 100 gram, berarti sudah 200 kkal. totalnya hampir 700 kkal sekali makan,” kata Pengurus Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) yang juga berprofesi sebagai Dokter spesialis penyakit dalam sub endokrin, EM Yunir, dilansir dari CNN Indonesia.

Manusia hanya membutuhkan sekitar 1600-1700 kalori dalam 24 jam. Oleh karena itu, mengonsumsi mi instan bersama telur dan nasi sudah hampir mencapai setengah dari kebutuhan kalori harian.

Apa kabar nih pecinta mie? Jangan di ulangi lagi ya tidak baik ternyata untuk kesehatan!

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *