Ibadah  

Berikut Jadwal dan Niat Puasa Ayyamul Bidh

HALOSMI.COM- Bagi umat muslim pasti sudah tidak heran dengan puasa ayyamul bidh, bagi yang belum tahu

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang dianjurkan bagi umat Muslim. Lalu kapan jadwal puasa Ayyamul Bidh pada 2024, dan bagaimana niatnya?

Puasa Ayyamul Bidh dikerjakan pada pertengahan bulan atau tanggal 13, 14, dan 15 Hijriah. Sementara jadwal puasa Ayyamul Bidh pada tahun ini, yaitu pada 23, 24, dan 25 Februari 2024.

Keutamaan puasa Ayyamul Bidh memiliki keutamaan sebagai amal shalih yang akan diberi ganjaran 10 kali lipat. Bahkan berpuasa sehari bakal diganjar seperti puasa 10 hari.

Puasa sunah ini juga sering disebut puasa putih. Menurut kitab Umdatul Qari’Syarhu Shahihil Bukhari, yang dikutip dari NU Online, disebutkan nama Ayyamul Bidh berkaitan dengan kisah Nabi Adam AS ketika diturunkan ke bumi.

Ketika menjalankan puasa hari pertama, sepertiga tubuh Nabi Adam kembali putih. Begitu juga di hari kedua puasa, sepertiga tubuh lainnya kembali putih.

Hal itu juga terjadi pada hari ketiga puasa. Oleh karena itu, puasa Ayyamul Bidh sering disebut juga puasa putih.

Hukum menjalankan puasa ini adalah sunah muakad, yaitu sunah yang sering dikerjakan Rasulullah Saw. Anjuran melakukan puasa Ayyumul Bidh juga tertera dalam hadis berikut:

وَعَنْ قَتَادَةَ بْنِ مِلْحَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنَا بِصِيَامِ أَيَّامِ الْبِيْضِ: ثَلاثَ عَشْرَةَ ، وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ، وَخَمْسَ عَشْرَةَ. (رواه أَبُو داود)

Artinya: “Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: ‘Rasulullah Saw telah memerintah kami untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15’.” (HR Abu Dawud – An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, halaman 81)

Niat Puasa Ayyamul Bidh

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

TabrakAllahu, Semoga kita di beri kesempatan untuk melaksanakan puasa ini ya.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *