Biar Gaul Yuk Deskripsikan Kopi Kalian Menggunakan Kata Dibawah ini!

HALOSMI.COM- Mungkin Secara Umum Kopi Bercita rasa Pahit, Namun dengan Majunya Perkembangan Kopi Kini Beraneka Rasa dan itu semua bisa kalian deskripsikan dengan istilah-istilah yang detail.

Istilah-istilah mendeskripsikan kopi Mulai dari acidity, body, sampai earthy, apa sih artinya?

Kopi menjadi sumber kafein favorit banyak orang di dunia. Tak sedikit orang yang tidak bisa memulai aktivitasnya tanpa minum kopi terlebih dahulu.

Bagi mereka kopi mungkin hanya sekadar minuman, tapi untuk pencinta kopi, ada banyak hal yang bisa dikupas dari secangkir kopi.

Penjelasannya bersifat spesifik dengan istilah yang umum disepakati pencinta kopi.

Kamu mungkin pernah mendengar penjelasan “acidity kopi yang tinggi” atau “kopi dengan body yang pas”. Sebenarnya apa arti istilah itu?

Berikut ini Penjelasan lebih lengkapnya

1. Acidity

Acidity secara harfiah berarti keasaman. Dalam istilah kopi, keasaman yang dimaksud bukan soal pengaruh asam itu terhadap lambung, melainkan rasa asam kopi.

Acidity dalam kopi bisa dideskripsikan dengan istilah lain lagi seperti bright, clear, snappy, dry, clean, winey, dan lainnya.

Kopi tanpa acidity akan terasa hambar dan membosankan, seperti halnya soda tanpa rasa menggigit yang khas.

Acidity kopi dipengaruhi oleh jenis biji kopi. Ada yang rasa asamnya kuat seperti wine dan ada yang lebih lembut.

Proses roasting atau pemanggangan biji kopi juga mempengaruhi acidity kopi. Jika ‘dark roast’, maka tingkat acidity-nya lebih rendah.

2. Aroma

Aroma kopi begitu mempengaruhi profil rasa kopi. Aroma ini berasal dari gas yang terlepas ketika kopi diseduh.

Aroma kopi konon paling maksimal ketika kopi dipanggang dalam tingkat medium (middle roast).

Jika biji kopi dipanggang lebih gelap, maka aromanya bakal cenderung gosong.

Untuk aroma biji kopi yang belum dipanggang (green beans) juga punya ciri khas masing-masing. Aroma ini bisa menandakan kualitas seduhan kopi nantinya.

3. Balance

Dalam kaitannya dengan dunia kopi, istilah balance dipakai untuk mendeskripsikan berbagai karakter kopi yang seimbang. Karakter itu tidak memiliki suatu komponen yang mengalahkan komponen lainnya.

Jika secangkir kopi tidak memiliki karakter yang kuat dan dalam jumlah signifikan, maka berarti rasanya tidak akan balance dan besar kemungkinan rasanya membosankan.

4. Body

Istilah lain yang banyak dipakai untuk mendeskripsikan kopi adalah body. Body merujuk pada beratnya kopi yang tercecap, yang terasa di bagian belakang langit-langit mulut.

Tingkat pemanggangan dan jenis biji kopi mempengaruhi body kopi. Untuk digarisbawahi, body kopi berbeda dengan kekentalan kopi.

Namun pada prinsipnya, jika kopi yang digunakan terlalu sedikit atau gilingan kopinya terlalu kasar, maka body kopi nantinya bakal lebih ringan di mulut.

5. Complexity

Saat menjelaskan kopi, ahli kopi juga kerap memakai istilah complexity atau berarti kompleksitas.

Ini terkait kehadiran karakter-karakter dalam secangkir kopi, termasuk keasaman, body, rasa manis, dan lainnya.

Gabungan karakter-karakter tersebut membuat kopi menjadi kompleks. Kompleksitas juga bisa ditingkatkan dengan menggabungkan beberapa jenis kopi untuk diseduh.

6. Spicy

Spicy yang berarti pedas pun juga jadi istilah untuk menggambarkan pengalaman menikmati kopi. Spicy sebenarnya istilah yang mirip dengan “aromatik” atau “penuh rasa”.

Spicy bisa merujuk pada kopi yang dianggap alami, karakter keasaman kopi, atau kombinasi antara keduanya.

Biji kopi yang terkenal spicy adalah yang berasal dari Ethiopia dan Guatemala. Untuk spicy dalam istilah aroma kopi biasanya menyerupai rempah seperti cengkeh dan merica.

7. Earthy

Banyak orang masih bingung dengan istilah earthy dalam dunia kopi. Umumnya istilah ini berkaitan dengan metode pengolahan dimana buah kopi dibiarkan mengering sebelum biji kopi dikeluarkan.

Untuk earthy berkaitan dengan tanah tempat tanaman kopi itu tumbuh. Misalnya kopi Indonesia yang sebagian besar diolah dengan teknik wet processed.

Secara sederhana, earthy bisa diartikan sebagai aroma seperti tanah yang tercium pada kopi.

Nah itulah istilah-istilah yang biasanya di ungkapkan untuk secangkir kopi, jangan lupa untuk menggunakan kata itu ya agar lebih gaul.

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *