Bisa Lewat Online, Cek Kelayakan Armada Bus

HALOSMI.COM- Kita Belajar dari tragedi kecelakaan bus SMK Lingga Kencana Depok, banyak orang tua khawatir soal aspek keselamatan pada bus wisata. Ternyata, kelayakan bus bisa dicek pakai aplikasi dan situs online layak jalan atau tidaknya.

Nah, untuk para orang tua, ada cara untuk mengecek apakah kendaraan yang digunakan dalam bus study tour layak jalan atau tidak.

Kamu bisa mengandalkan situs Sistem Perizinan Online Angkutan Darat dan Multimoda (SPIONAM) Kementerian Perhubungan RI agar hati tenang.

SPIONAM adalah bentuk edukasi untuk mencegah maraknya angkutan ilegal.

Dalam SPIONAM, pengunjung bisa mengecek keabsahan angkutan dalam trayek maupun angkutan orang tidak dalam trayek, apakah kendaraan tersebut telah terdaftar atau tidak.

Berikut ini langkah-langkah mengecek apakah bus study tour layak jalan atau tidak:

Cara Cek Bus Study Tour Layak Jalan atau Tidak

1. Masuk ke situs https://spionam.dephub.go.id/
2. Klik ‘Cek Kendaraan’ yang ada di sebelah atas kanan
3. Lalu, kamu tinggal memasukkan nomor kendaraan (plat) yang akan digunakan untuk study tour

Nah Nantinya, akan muncul informasi seperti plat nomor kendaraan, nama perusahaan, Nomor Kartu Pengawasan (KPS), Izin Angkutan dan masa berlakunya, sampai masa berlaku uji berkala kendaraan (BLUe).

Apabila didapati nomor polisi kendaraan ataupun nama PO tidak ditemukan hasilnya, maka kendaraan itu belum uji berkala, tidak memiliki izin atau belum terdaftar.

Kamu sebagai orang tua, berhak memberitahukan pihak sekolah agar pihak pemilik PO bus wisata mengganti dengan armada lain yang sudah terdaftar dan teruji.

Jadi kita sebagai orang tua perlu waspada untuk keselamatan anak.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *