Ragam  

Boleh Gak Sih Nikah dengan Sepupu?

HALOSMI.COM- Pertanyaan boleh gak sih nikah dengan sepupu sering kali di lontarkan ketika berkumpul dengan keluarga, hingga akhirnya menimbulkan perdebatan. Nah daripada bingung simak disini ya jawabannya.

Perlu di ketahui Mayoritas jawaban dari pertanyaan tersebut banyak dibahas dari perspektif agama, dan menghasilkan beragam perdebatan.

Namun, dari segi sains jawabannya tentu boleh, tetapi syarat dan ketentuan juga berlaku.

Perlu diketahui, saat proses penciptaan manusia ada dua gen (DNA) berbeda, gen ayah dan gen ibu.

Merujuk riset “Keeping it in the family”, jika kita melakukan pernikahan tidak sedarah, maka dua gen berbeda itu akan bercampur dan akan membawa keuntungan. Perbedaan materi genetik itu bakal menutup peluang besar terciptanya penyakit.

Misalkan seorang ibu memiliki genetik non-diabetes dan seorang ayah diabetes. Maka, bayinya berpeluang besar tidak terkena diabetes karena perbedaan genetik itu bisa mencegah munculnya diabetes.

Keuntungan inilah yang tidak didapat apabila seseorang menikahi sepupu yang kedua pasangannya memiliki persamaan genetik.

National Health Service (NHS) Inggris menyebut pernikahan sepupu meningkatkan risiko catat lahir dari 3% menjadi 6%. Lalu, dipaparkan juga kalau 100 bayi yang lahir dari pasangan sedarah terdapat 5-6 bayi yang cacat atau memiliki kelainan genetik.

Kelainan yang dialami pun bukan hanya cacat fisik lahir, melainkan bisa juga kebutaan, tuli, keterbelakangan mental, kelainan darah, dan gagalnya kemampuan kognitif. Kasus-kasus seperti ini banyak terjadi di Pakistan.

Dalam laporan Deutsche Welle disebutkan, di Pakistan mayoritas penduduknya menjalani pernikahan kerabat karena faktor agama.

Banyak penduduk Pakistan meyakini agama mereka menganjurkan seseorang untuk melakukan pernikahan sedarah.

Parahnya, pandangan ini diperparah oleh paradigma kesukuan yang kuat di kalangan mereka. Apabila mereka tidak mematuhi kebiasaan ini, maka akan dikucilkan dan mendapat tekanan sosial yang sangat besar.

Akibatnya, peluang untuk tidak melakukan pernikahan sepupu semakin kecil dan membuat rantai pernikahan ini sulit diputus.

Demikian informasinya, semoga mudah di pahami oleh kalian ya.

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *