Brutal! Tak Terima Timnya Kalah, Suporter Belgia Ngamuk Rusak Fasilitas Publik Hingga Bakar Mobil

HALOSMI.COM – Tim Nasional (Timnas) Belgia takluk 0-2 dari Maroko pada laga keduanya di Grup F Piala Dunia 2022, pada Minggu 27 November 2022.

Kekalahan tersebut membuat pendukung mereka mengamuk dan tak terima. Mereka meluapkan emosinya dengan  membuat kericuhan merusak toko hingga merusak dan membakar mobil-mobil yang terparkir di jalan.

Puluhan suporter membuat ricuh di pusat Kota Brussel dengan memecahkan jendela toko. Tak hanya itu, mereka pun melemparkan kembang api, bahkan beberapa suporter dilaporkan bersenjata tongkat membuat polisi menembakkan gas air mata.

Dilansir dari AFP pada Senin 28 November 2022, Polisi menahan puluhan orang setelah mengerahkan gas air mata dan water cannons untuk membubarkan massa, bahkan beberapa kendaraan dibakar di jalanan. Api yang membakar mobil membuat Kota Brussel mencekam.

Kalah dua gol tanpa balas dari Maroko, suporter Belgia melakukan kerusuhan di pusat kota Brussels, Belgia. (AP/Geert Vanden Wijngaert)
Kalah dua gol tanpa balas dari Maroko, suporter Belgia melakukan kerusuhan di pusat kota Brussels, Belgia. (AP/Geert Vanden Wijngaert)

Kondisi tegang terjadi bahkan sebelum pertandingan berakhir.

“Puluhan orang, termasuk beberapa mengenakan hoodies, mencari konfrontasi dengan polisi, yang membahayakan keselamatan publik,” ungkap polisi Brussel dalam sebuah pernyataan.

Tak sampai di situ, salah seorang jurnalis dilaporkan menjadi korban kericuhan tersebut. Usai terkena kembang api di bagian wajahnya.

100 petugas polisi dikerahkan untuk meredam kericuhan tersebut. Selain itu, Stasion metro ditutup, dan beberapa jalan diblokir.

Bahkan kericuhan ini juga terjadi di Kota Antwerp dan Liege, serta menjalar ke Kota Rotterdam, Amsterdam dan Den Haag, Belanda. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *