“bjb

Buah yang Dapat Dikonsumi Penderita Asam Lambung

HALOSMI.COM- Penyakit Asam lambung atau GERD adalah salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia. Bahkan banyak yang menganggap sepele terhadap penyakit ini.

Penyebab aslam bisa dari berbagai hal, seperti luka pada lapisan dalam lambung, konsumsi minuman dan makanan yang bisa mengiritasi lambung, stres, infeksi bakteri, ataupun efek samping penggunaan obat.

Selain itu, Penyebab munculnya penyakit aslam juga berkaitan dengan konsumsi makanan atau minuman.

Misalnya, minuman beralkohol, berkafein (kopi, teh, cokelat), atau minuman lain yang mengandung soda.

Berikut ini adalah rekomendasi buah yang dapat dikonsumsi untuk penderita asam lambung:

1. Pisang

Pisang, dengan kandungan nutrisi tinggi, mudah dicerna, dan mengandung potasium, dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Potasium dalam pisang juga berperan dalam mengontrol keseimbangan asam-basa di tubuh. Dibandingkan dengan buah lainnya, pisang memiliki pH atau tingkat keasaman sekitar 5, yang tidak terlalu asam.

Makanan dianggap asam jika pH-nya kurang dari 7, dan semakin rendah angkanya, semakin asam makanan tersebut.

Oleh karena itu, pisang cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan dapat membantu meredakannya.

2. Pepaya

Pepaya adalah buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan mudah ditemui. Dengan pH yang tidak terlalu asam, pepaya tetap mengandung nutrisi baik seperti karoten dan vitamin C.

Selain itu, pepaya juga mengandung enzim papain yang dapat membantu melancarkan pencernaan, mempermudah penguraian protein, dan memungkinkan protein dipecah menjadi asam amino dengan lebih mudah.

3. Buah Kelapa

Kelapa, baik daging maupun airnya, tidak termasuk dalam golongan asam, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Air kelapa tidak hanya menjaga suhu tubuh tetap normal, tetapi juga dapat menghambat peradangan pada lambung.

Kandungan mineral kalium dan senyawa lain dalam kelapa dapat meningkatkan kelancaran sistem pencernaan. Selain itu, buah kelapa dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi tubuh dari risiko penyakit seperti jantung dan stroke.

4. Melon

Melon termasuk buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena kandungan magnesiumnya yang bersifat basa.

Melon tidak hanya aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung, tetapi juga mengandung potasium yang baik untuk kesehatan jantung.

Buah ini juga mengandung antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

5. Semangka

Semangka merupakan buah yang baik dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Kandungan air yang tinggi dalam buah ini membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menetralkan asam lambung.

6. Kurma

Kurma, dengan rasa manis alami dan kadar asam yang rendah, merupakan buah yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Selain itu, kandungan dalam kurma juga dapat membantu mengatasi tukak di lambung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa potensi perbaikan kerusakan pada lambung dengan sering mengonsumsi sari kurma konsentrasi hingga 60 persen.

Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat efeknya pada manusia.

7. Buah Beri

Buah beri, termasuk stroberi, blackberry, dan raspberry, dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena mengandung antioksidan tertinggi di antara buah segar lainnya.

Selain itu, kandungan pH yang tinggi membuat buah beri aman untuk dikonsumsi.

8. Alpukat

Alpukat, dengan kadar asam yang rendah dan tekstur lembut, dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Buah ini mudah melewati kerongkongan dan dicerna di dalam lambung.

Alpukat juga kaya akan lemak tak jenuh untuk kesehatan jantung, serta nutrisi seperti vitamin C, E, K, B6, dan serat.

Buah alpukat tidak hanya populer karena rasanya yang lezat, tetapi juga kaya akan khasiat dan manfaat untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi seperti lemak tak jenuh, vitamin, dan serat membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *