“bjb
Ragam  

Buat Hari Minggu Anda Lebih Produktif dengan Cara Ini

HALOSMI.COM- Hari minggu adalah hari libur setelah kita melakukan aktivitas bekerja dari senin hingga sabtu dan hari minggu akan di pakai untuk bermalas-malasan, nah ayo lakukan hal ini agar minggu anda lebih produktif

1. Gunakan hari minggu untuk beristirahat

Jangan terlalu banyak beraktivitas di hari minggu. Jika anda berniat akan jalan-jalan atau bepergian di hari minggu, sebaiknya anda memikirkannya kembali. Dibandingkan menghabiskan waktu untuk jalan-jalan atau bepergian, lebih baik gunakan hari minggu untuk beristirahat.

Istirahat adalah cara terbaik untuk mengembalikan energi dan menghemat energi yang akan dibutuhkan untuk hari senin besok. Apalagi untuk anda yang seorang introvert, istirahat di rumah saat hari minggu adalah pilihan terbaik untuk charging energi.

2. Mengevaluasi hal-hal yang yang sudah dilakukan selama seminggu kebelakang

Sebelum merencanakan sesuatu, evaluasi kinerja diri sendiri terlebih dahulu tentang apa saja yang telah anda lakukan dalam seminggu sebelumnya melalui to-do-list anda. Evaluasi apa saja yang sudah selesai, perlu segera selesai, dan dapat segera diselesaikan dengan segera.

Jika anda menemukan hal yang tidak kunjung selesai dan harus segera selesai, anda mungkin juga perlu mempertimbagkan untuk menghapusnya dari daftar anda. Melakukan refleksi to-do-list di minggu produktif ini akan sangat berharga bagi karir kedepannya.

Jika perlu, anda juga dapat mengorganisir dan mengelompokkan to-do-list anda mulai dari hal yang paling penting untuk segera dilakukan hingga hal yang masih jauh dari deadline.

3. Lakukan apa saja yang anda bisa

Jika anda masih belum ingin membahas tentang pekerjaan di kantor pada hari minggu, anda sebenarnya dapat melakukan apa saja yang anda bisa.

Seperti contoh kegiatan minggu produktif adalah menyiapkan sarapan, mempersiapkan pakaian yang akan digunakan, atau apapun yang membuat anda beraktivitas.

Intinya adalah mempersiapkan hari senin dan seminggu kedepan untuk menghindari kericuhan yang mungkin terjadi di rumah anda.

4. Membersihkan rumah atau kosan

Kegiatan selanjutnya yang bisa anda lakukan di hari minggu adalah membersihkan rumah atau kosan. Sebagai seorang karyawan pasti anda memiliki hari yang super sibuk mulai dari senin hingga jumat, hingga tidak sempat untuk membersihkan rumah atau kosan anda.

Nah, di hari minggu ini anda bisa menggunakannya untuk membersihkan rumah atau kosan. Anda bisa menata ulang barang-barang yang ada di rumah atau kosan anda.

Anda juga bisa mengubah suasana rumah atau kosan anda dengan mengganti sprei, menambahkan pengharum ruangan, hingga menata ulang ruangan anda. Selain bisa dijadikan sebagai aktivitas yang produktif, dengan menyambut hari senin.

5. Tidur dengan tepat waktu

Begadang merupakan sesuatu yang tidak baik untuk kesehatan, baik itu di hari weekday ataupun weekend. Jadi, pastikan anda menghindarinya ya!

Alih-alih begadang untuk hal yang tidak produktif, lebih baik anda tidur tepat waktu selayaknya hari-hari kerja anda. Tidur secara tepat waktu akan memberikan energi yang lebih banyak bagi anda di hari minggu.

Terlebih jika menjelang hari senin, tidur secara tepat waktu adalah hal wajib yang tidak boleh anda abaikan. Jangan sampai hari senin anda menjadi mimpi buruk karena begadang semalaman.

6. Lakukan refreshing

Untuk menciptakan minggu yang produktif, anda bisa melakukan refreshing. Refreshing dapat membantu anda menjadi lebih fresh dalam menyambut hari senin.
Ada berbagai macam pilihan aktivitas yang bisa anda lakukan, misalnya menonton film bersama keluarga, makan bersama, berkunjung ke rumah teman, hingga berkebun.

7. Olahraga

Kegiatan yang bisa mengisi minggu produktif anda selanjutnya adalah melakukan olahraga. Bagi karyawan, berolahraga di hari minggu menjadi pilihan favorit.

Anda bisa berolahraga di rumah atau outdoor seperti di arena khusus olahraga atau di taman. Selain bisa membantu anda lebih refresh di hari senin, berolahraga juga baik untuk kesehatan tubuh anda.

8. Luangkan waktu anda untuk diri sendiri pada hari minggu

Yang terakhir adalah, bagian paling penting dari minggu malam harus menjadi waktu yang anda ambil semata-mata untuk diri sendiri.

Akan kembali ke ide ini dari masukan terhadap output, anda harus tenang dan rileks dalam rangka untuk mempertahankan diri sepanjang minggu.

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah untuk bermeditasi. Cara lain adalah dengan membaca buku, kurangi bermain media sosial.
Cara-cara tersebut juga dipercaya oleh peneliti membuat otak anda lebih segar di minggu berikutnya.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *