“bjb
Tekno  

Cara kembalikan Data yang Hilang di Google Drive

HALOSMI.COM- Google Drive merupakan penyimpanan awal dari Google yang sering digunakan pengguna untuk menyimpan dan berbagi file secara real time.Namun bagaimana dengan data yang hilang? Nah begini cara kembalikan data yang hilang di google drive.

Kendati demikian tak jarang pengguna mengalami berbagai masalah. Salah satunya file Google Drive yang tiba-tiba hilang sehingga pengguna bingung mencari file yang hilang tersebut. Adapun terdapat beberapa kemungkinkan file di Google Drive hilang tiba-tiba.

Beberapa waktu yang lalu sejumlah pengguna Google Drive mengeluhkan data mereka di cloud yang tiba-tiba menghilang. Sepekan kemudian, Google akhirnya merilis update yang memungkinkan pengguna memulihkan data yang hilang.

Tidak lama setelah pengguna melaporkan masalah tersebut, Google langsung melakukan investigasi. Mereka menemukan bahwa data yang hilang ini merupakan masalah sync untuk aplikasi Google Drive desktop versi 84.0.0.0 hingga 84.0.4.0.

Kepada pengguna Google Drive yang mengalami masalah ini, Google meminta pengguna untuk tidak melakukan perubahan di Drive-nya. Pengguna juga dilarang melakukan modifikasi root/data folder di perangkatnya, jangan klik ‘Disconnect Account’, dan menghapus atau memindahkan data folder aplikasi.

Kini Google sudah merilis solusi resmi yang bisa mengembalikan data yang menghilang dari Drive. Caranya cukup rumit, tidak sekedar sekali klik untuk update aplikasi.

Cara mengembalikan data Google Drive yang hilang

• Download aplikasi Google Drive versi terbaru (versi 85.0.13.0 atau lebih tinggi) untuk Windows atau macOS

• Buka aplikasi Google Drive untuk desktop lalu klik ikon Drive di bilah menu atau system tray

• Tekan dan tahan tombol Shift lalu klik ikon Settings

• Pilih opsi Recover from backups.

Jika proses berjalan lancar, Google akan menampilkan notifikasi yang mengatakan bahwa pemulihan data sudah dimulai. Setelah proses pemulihan data selesai, Google akan menempatkan semua yang sudah dipulihkan ke dalam folder ‘Google Drive Recovery’.

Pemulihan data tidak bisa dilanjutkan jika Google tidak menemukan backup, atau jika pengguna tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup. Pengguna bisa mengosongkan ruang penyimpanan dan mengulang proses pemulihan data.

Seandainya pengguna mengalami masalah, Google mengatakan pengguna bisa melaporkan feedback lewat aplikasi Drive untuk desktop menggunakan tagar #DFD84 dan mengecek kotak dialog untuk memasukkan log diagnostik.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *