Ragam  

Cara Membuat Nasi Menggunakan Rice Cooker Anti Gagal, Dijamin Pulen !

TIMES Indonesia

HALOSMI.COM- Nasi adalah makanan pokok manusia yang setiap hari di makan dengan di temani lauk pauk yang lezat dan bergizi. Sebagai orang Indonesia, biasanya kita lebih menyukai nasi yang pulen, yang bertekstur lembut dan juga harum. Namun, banyak orang beranggapan kalau memasak nasi pulen harus menggunakan beras mahal.

Sampai saat ini masih banyak orang yang gagal dalam membuat nasi yang pulen juga harum sekalipun itu menggunakan alat banti rice cooker. Nasi terasa terlalu keras atau sebaliknya terlalu lembek hingga tidak pulen.
Lantas, bagaimana cara memasak nasi yang benar? Berikut caranya :

Cuci beras Sampai Bersih

Pertama-tama, cuci beras hingga bersih. Kamu bisa mencuci beras sebanyak 2-4 kali. Hindari mencucinya terlalu lama karena kandungan serat yang menempel di kulit beras justru akan hilang dan hal ini akan menyebabkan nasi sulit untuk memiliki tekstur yang lembut.

2. Gunakan takaran beras dan air 1 banding 2

Masukkan beras dan air ke dalam wadah dengan takaran yang tepat, yaitu 1:2. Perbandingannya adalah 1 cup beras dengan 2 cup air.

3. Berikan tepung maizena

Ini adalah resep nasi pulen. Kamu dapat memberikan tepung maizena agar tekstur nasi nantinya tidak terlalu lembek. Takarannya adalah setiap 1 cup beras dan tambahkan 1 sdt tepung maizena. Kemudian, aduk hingga tepung maizena tercampur rata.

4. Gunakan bumbu ekstra untuk menambah aroma dan rasa

Jika ingin nasi terasa lebih gurih, kamu bisa menambahkan sedikit garam atau ½ sdt minyak kelapa. Kalau tidak punya minyak kelapa, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun.

Selain itu, agar aroma semakin harum, kamu bisa menambahkan 1 batang sereh ataupun daun pandan. Nah, biar nasi tidak cepat basi, kamu juga bisa menambahkan sedikit perasan air jeruk nipis atau lemon.

5. Rendam beras selama 30 menit – 1 jam

Setelah itu, rendam beras dengan keadaan rice cooker mati selama 30 menit hingga 1 jam. Langkah ini tidak boleh dilewatkan karena penting untuk memasak nasi yang pulen.

6. Nyalakan rice cooker

Kemudian, nyalakan rice cooker dengan menekan tombol “cook”. Tunggu hingga nasi matang dengan waktu sesuai rice cooker masing-masing. Biasanya, saat nasi sudah matang, lampu “keep warm” akan menyala.

7. Aduk nasi bila sudah matang

Setelah nasi matang, buka penutup rice cooker dan segera aduk nasi agar tidak menempel dan menimbulkan kerak pada semua sisinya.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *