“bjb

Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Agar Lebih Produktif

Foto : Doc. Katadata

HALOSMI.COM- Mengantuk di pagi hari sering kali membuat seseorang tidak bersemangat sehingga memengaruhi produktivitasnya sepanjang hari. Biasanya, kamu seringkali mengalihkannya dengan minum kopi untuk bisa menghilangkan ngantuk di pagi hari.

Sayangnya, mengonsumsi kopi di pagi hari, terutama dalam keadaan perut kosong tidak disarankan bagi penderita asam lambung. Tidak perlu khawatir, selain mengonsumsi kopi, masih banyak cara lain untuk menghilangkan ngantuk di pagi hari. Berikut diantaranya :

Mencuci Muka 

Jika memang kamu belum ingin mandi di pagi hari, setelah bangun tidur jangan terlalu lama untuk terus rebahan. Hal ini akan membuat kamu semakin mengantuk. Hal yang pertama kamu lakukan adalah mencuci muka dengan air dingin untuk menghilangkan rasa kantuk.

Basuhan air dingin di wajah dapat memberikan sinyal perubahan suhu sehingga tubuh akan meresponnya dengan meningkatkan fokus pikiran. Cara menghilangkan ngantuk yang satu ini juga dapat membantu menghilangkan kelelahan pada mata sekaligus membangkitkan energi untuk melakukan aktivitas.

Minum Air Putih 

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari adalah minum air mineral untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh yang berkurang selama tertidur. Biasanya ngantuk di pagi hari dapat disebabkan oleh kondisi dehidrasi. Sehingga dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh akan membantu kamu merasa lebih bugar dan siap beraktivitas.

Siapkan gelas atau botol berisi air mineral di dekat tempat tidur agar Anda mudah menjangkaunya ketika bangun tidur. Anda juga bisa memilih air mineral dingin supaya merasa lebih segar dan tidak lagi mengantuk.

Sarapan dengan Makanan yang Bergizi 

Apabila ingin mencegah rasa ngantuk di pagi hari saat bekerja, usahakan untuk tidak melewatkan sarapan. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan rasa lapar datang lebih cepat, akibatnya kamu akan kekurangan energi sehingga lebih mudah mengantuk.

Sebelum beraktivitas, pastikan Anda sudah sarapan dengan asupan yang bergizi seperti telur, susu, sayur, daging, yogurt, atau kacang-kacangan. Namun, kamu juga perlu memperhatikan porsi yang cukup. Makan dengan porsi besar justru akan menyebabkan tubuh mudah mengantuk.

Olahraga Secara Teratur 

Sering mengantuk di pagi hari juga dapat diatasi dengan melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau peregangan. Dengan berolahraga dapat memberikan sinyal pada sel-sel tubuh bahwa kamu membutuhkan lebih banyak energi, sehingga tubuh akan lebih berenergi untuk menjalani hari.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *