Cara Mudah Mengetahui Orang yang Berbohong

HALOSMI.COM- Semua orang tentu menginginkan kejujuran, meski kita semua tahu bahwa jujur terkadang lebih menyakitkan dari kebohongan, namun tetap kita menginginkan kejujuran. Oleh karena itu, kita pasti akan sangat marah dengan orang yang berbohong saat berbicara dengan kita.

Ternyata kalian bisa mengetahui ciri orang berbohong dengan 5 cara berdasarkan ilmu Psikologi.

1. Membangun Kenyamanan

Membangun kenyamanan merupakan salah satu langkah awal agar kalian nantinya bisa mendeteksi atau mengetahui orang yang sedang berbohong dan tidak jujur.

Maksud dari membangun kenyamanan disini adalah kalian bisa membuat lawan bicara kalian memberikan kenyamanan dengan mengawali pertanyaan-pertanyaan yang bisa kalian ajukan dengan santai, kalian bisa mendekati lawan bicara terlebih dahulu dengan mengajak ngobrol seperti biasanya.

Kalian bisa menanggapi dengan candaan agar suasana dengan lawan bicara menjadi cair dan mereka menjadi nyaman, jika lawan bicara sudah nyaman maka nanti biasanya akan terungkap dengan cepat apabila mereka sedang berbohong dan tidak jujur.

2. Memberikan Pertanyaan Mengejutkan

Memberikan pertanyaan mengejutkan atau mengagetkan lawan bicara merupakan langkah kedua yang bisa kalian gunakan saat mendeteksi atau mengetahui orang yang sedang berbohong dan tidak jujur.

Dengan memberikan pertanyaan yang mengejutkan, lawan bicara yang sudah pandai berbohong jadi tidak siap memberikan jawaban yang mereka siapkan sebelumnya, hal ini nantinya bisa memperjelas apakah mereka orang yang sedang berbohong atau tidak bisa ditentukan dari jawaban mereka.

3. Memperhatikan Lawan Bicara

Memperhatikan lawan bicara merupakan langkah ketika dan trik para psikolog yang sering digunakan saat mendeteksi apakah lawan bicara atau orang sedang berbohong atau tidak jujur.

Menurut ilmu psikologi, mata merupakan sebuah jendela seseorang saat berbicara kalian bisa melihat kebohongan atau kejujuran dari tatapan mata, hal ini bisa dilihat apabila lawan bicara gerakan bola mata sedang mengarah kearah kanan sambil mencari alasan berbohong maka bisa dipastikan lawan bicara kalian sedang tidak jujur.

Sebaliknya jika mata lawan bicara dengan intens biasa saja dan tidak memutar bola mata, maka mereka sedang dalam posisi tenang dan tidak berbohong, namun sebagian orang terkadang ada yang menghindari kontak mata karena rasa cemas atau tegang berlebih, kalian bisa memerhatikan orang yang bohong dari kedipan mata.

4. Memperhatikan Intonasi Bicara

Memperhatikan intonasi bicara merupakan salah satu ilmu psikologi yang bisa diterapkan ketika mendeteksi orang yang sedang berbohong dan tidak jujur.

Biasanya orang yang sedang berbohong dan tidak jujur, ketika sedang berbicara tanpa sadar mereka menaikkan nada atau intonasi bicara tanpa mereka sadari.

5. Memperhatikan Perubahan Nafas

Memperhatikan perubahan nafas bahkan merupakan salah satu langkah terakhir yang bisa kalian terapkan saat mendeteksi orang yang bohong atau tidak jujur.

Biasanya ketika lawan bicara sedang melakukan kebohongan, mereka mengalami detak jantung yang meningkat sehingga membuat nafas mereka menjadi cepat, hal tersebut terjadi karena kemungkinan mereka sedang cemas dan takut.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *